Kepolisian di Inggris Masih Gunakan Windows XP

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Kepolisian terbesar kedua di Inggris, memperlihatkan bahwa satu dari lima komputer yang mereka miliki masih menggunakan Windows XP pada bulan Juli tahun ini.

Pihak kepolisian Manchester mengatakan hal tersebut kepada BBC, sebanyak 1,518 komputer yang berfungsi masih menggunakan sistem operasi yang sudah tua, jumlah itu mewakili sekitar 20,3 persen dari komputer yang ada di kantor kepolisian tersebut.

Sementara pihak Microsoft sendiri telah menghentikan dukungannya sejak tahun 2014, sehingga para ahli melihat komputer – komputer yang digunakan beresiko menjadi target dari para peretas.

Menurut Dr Steven Murdoch, seorang ahli kemanan siber dari Universitas College di London, Microsoft tidak akan mengeluarkan pembaharuan apabila ditemukan kelemahan pada Windows XP. Jadi apabila komputer – komputer itu terekspose ke internet, maka tentunya sangat mengkhwatirkan. Namun, apabila komputer – komputer itu telah di isolasi dari internet, tentu ini tindakan yang lebih baik.

Hampir semua departemen kepolisian di Inggris enggan menginformasikan jumlahnya ketika memberikan tanggapan terhadap adanya permintaan dari Freedom of Information, terkait permasalahan keamanan.

Beberapa ahli juga melihat, seandainya jumlah sebenarnya disampaikan, maka tentunya akan menjadikan mereka sebagai target. Sementara dengan menyampaikan jumlah sedikit, akan beresiko pihak lain menjadi sasaran dari serangan.

Berikut departemen kepolisian yang telah menyampaikan jumlah komputer yang menggunakan Windows XP:

Kepolisian di Cleveland, masih memiliki tujuh komputer menggunakan Windows XP, mewakili 0.36 persen dari seluruh komputer yang ada.

Kepolisian di Irlandia Utara, memiliki lima komputer yang masih menggunakan Windows XP, mewakili 0.05 persen dari jumlah total yang ada.

Civil Nuclear Constabulary mengatakan masih ada kurang dari 10 komputer yang menggunakan Windows XP, yang mewakili kurang dari 1 persen dari total komputer yang ada.

Sementara pihak kepolisian di Gwent, Wales Utara, Lancashire Constabulary, Wiltshire dan kota Londin menyampaikan sudah tidak menggunakan Windows XP pada komputer – komputernya.

Departemen kepolisian terbesar di Inggris yaitu London’s Metropolitan Police Service, merupakan salah satu yang menolak menyampaikan jumlah komputer yang menggunakan Windows XP di departemennya. Namun, berdasarkan data yang pernah dikeluarkan, pada bulan Juni masih ada sekitar 10,000 komputer yang menggunakan Windows XP.

Selain itu, pihak departemen kepolisian Scotlandia juga salah satu yang menolak menyampaikan jumlah komputer yang masih menggunakan Windows XP.

Bagi seorang peretas yang sudah ahli, akan sangat mudah baginya untuk mengenali sistem yang memiliki kelemahan. Khususnya untuk komputer yang masih menggunakan Windows XP.

Oleh karena itu pihak kepolisian di Manchester melihat tidak ada masalah dengan adanya permintaan peningkatan keamanan dengan menghilangkan komputer dengan sistem operasi yang sudah lama.(hh)

Sumber