Kepopuleran Android Bayangi Windows

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – StatCounter merupakan layanan web analytic yang mengumpulkan data secara real time. Pada bulan Maret ini, untuk pertama kalinya, mereka melaporkan bahwa Android merupakan sistem operasi paling populer di dunia.

Seperti dilansir dari the Verge, secara perlahan Android bangkit melewati sistem operasi Windows yang sebelumnya tidak tersentuh oleh siapapun. Walaupun masih dalam jumlah yang relatif kecil, tapi setidaknya itu telah membuktikan bahwa Android adalah sistem operasi terpopuler di dunia berdasarkan laporan statistik tersebut.

Ini merupakan gambaran dari beragam perangkat yang di kirimkan setiap tahunnya. Sebanyak kurang lebih 1 milyar perangkat Android dikirimkan setiap tahunnya, sementara itu untuk Windows hanya ada kurang lebih 200 juta komputer. StatCounter ada salah satu yang mengklaim Android saat ini telah memimpin dari jumlah penggunanya.

Saat ini tren pengguna internet mobile telah mengambil alih penggunaan internet melalui komputer desktop. Disamping itu dengan semakin maraknya tren tersebut pada sebuah pasar yang berkembang cenderung membuat orang melakukan semua pekerjaannya melalui ponsel pintar dan menggunakan koneksi 4G.

Selain itu, akses internet di negara-negara miskin menjadi lebih mudah dengan adanya ponsel, dimana ponsel tersebut merupakan perangkat dan pengalaman internet pertama mereka.

Dengan hadirnya tren tersebut, menjadikan Android sebagai platform mobile terpopuler. Digunakan karena kepraktisannya untuk pasar ponsel diluar produk Apple yaitu iPhone dan iPad.

Data yang dikumpulkan oleh StatCounter berasalah dari sistem pelacak web yang terpasang pada 2,5 juta situs. Sebelumnya sistem tersebut juga digunakan untuk memantau kepopuleran aplikasi penjelajah internet Chrome dan Internet Explorer.

Ada sedikit keterbatasan pada sistem tersebut, terkadang aplikasi penjelajah pada perangkat mobile akan terdeteksi juga sebagai aplikasi penjelajah pada komputer. StatCounter sepertinya mengenyampingkan hal tersebut, sehingga menyebabkan sistem operasi dari Apple iOS terlihat jauh dibelakang.

Hal lainnya yang membuat Android bangkit adalah karena sistem operasi besutan Google ini tidak menggunakan aplikasi tambahan untuk browsernya, hanya menggunakan browser konvesional.(hh)