Kunjungan Pabrik Smartphone di Serang

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Banten – Pengurus MASTEL hari ini (12/07/18) melakukan kunjungan ke pabrik smartphone PT. Tridharma Kencana yang berlokasi di Serang, Banten.  Ketua Umum MASTEL Kristiono diampingi oleh Anggota DPA  Adi Indrayanto, Rudi D. Mulyadi serta Direktur Eksekutif Arki Rifazka. Pada kunjungan tersebut mereka diterima oleh Hendryk L. Karoseri selaku CEO PT. Tridharma Kencana berserta manajemen dan staff. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka program pengembangan industri perangkat nasional.

Sebelumnya MASTEL juga sudah terlibat dalam industri smartphone yaitu dalam proses TKDN. Selain itu, pada tahun 2017, MASTEL telah melakukan study untuk perangkat nasional yang meliputi lima industri yaitu ponsel, aplikasi mobile, smartcard serta perangkat IoT dan BTS.

Menurut Kristiono saat ini Indonesia masih sebagai pengguna ataupun pasar dari smartphone, belum menjadi produsen smartphone. Padahal peluang untuk itu, tetapi tentunya perlu adanya keterlibatan pihak industri ponsel untuk mendorong pemerintah, sehingga dapat mewujudkan sebuah perangkat nasional.

Kristiono juga menyampaikan bahwa MASTEL mulai mengumpulkan para pelaku industri smartphone untuk menyusun usulan yang konkrit dan kepada siapa saja nanti usulan itu disampaikan. Guna mendukung hal tersebut MASTEL telah membuat kelompok kerja yang diharapkan anggotanya dari industri itu sendiri. Jadi diharapkan teman-teman dari industri smartphone yang belum bergabung dapat menjadi bagian dari kelompok kerja tersebut.

Dengan adanya kelompok kerja tersebut diharapkan industri smartphone tidak mati suri, karena prospek kedepannya yang sangat baik. Oleh karena itu semakin banyak industri smartphone yang berkumpul, maka kita akan dapat pikirkan bersama apa yang dapat kita lakukan dan kita sampaikan kepada lembaga pemerintahan terkait.

Saat ini asosiasi untuk pabrik smartphone sendiri belum ada. Untuk itu perlu dibuat, sehingga memudahkan dalam menyatukan sebuah usulan ataupun ide. Disamping itu, perlu juga dibuat road map karena kedepannya ekosistem teknologi di Indonesia tentu akan berubah, sehingga perlu disiapkan road map untuk menghadapi perubahan tersebut.

MASTEL juga sering mengadakan acara tahunan yang juga diharapkan dapat memperlihatkan adanya industri smartphone di Indonesia. Karena yang banyak terdengar saat ini hanya dari industri aplikasi mobilenya saja. Sementara industri smartphone nasionalnya sendiri belum banyak di dengar oleh masyarakat.

Adanya undangan untuk berkunjung ke pabrik smartphone PT. Tridharma Kencana memberikan sebuah harapan dapat terwujudnya produksi smartphone lokal. Apalagi rasa nasionalismenya sangat terasa di lingkunan pabrik. Karena sangat jarang terdengar lagu Indonesia Raya dikumandangkan di dalam sebuah lingkunan pabrik. Diharapkan adanya rasa nasionalisme tersebut dapat menjadi pemicu semangat untuk menghadirkan smartphone produksi lokal di negeri sendiri.(hh)