Malware Baru Serang Dan Mampu Bobol OS X Mac

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Bitdefender perusahaan software dan keamanan jaringan baru-baru ini telah menemukan malware yang bisa menemukan celah baru yang bisa disusupi dan masuk melalui ‘jalan belakang’ pada system operasi OS X di Mac.

Jenis malware baru ini ternyata mampu membuat penyerang mempunyai kemampuan penuh yang bisa mengambil alih dan mengendalikan system operasi OS X secara remote.

Cara kerja malware ini yaitu dengan menanamkan sebuah script pada aplikasi converter file palsu, yang setelah itu akan memberikan akses kepada para penyerang system OS X. Jenis malware ini diberi nama Backdoor.MAC.Eleanor.

“Tipe malware baru ini sangat berbahaya karena sulit untuk terdeteksi dan memberikan akses serta kuasa penuh atas sistem Mac yang diserang,” ujar Tiberius Axinte, Technical Leader di Bitdefender Antimalware Lab, seperti dkutip dari detikINET, Sabtu (9/7/2016).

Malware ini ditemukan para peneliti dari Bitdefender pada sebuah aplikasi bernama EasyDoc Converter yang sepintas lalu terlihat fungsinya sebagai aplikasi untuk mengkonversi file, tetapi fungsi aslinya adalah untuk mengunduh dan menanamkan script yang berbahaya di dalam sistem OS X.

Apabila sistem telah terinfeksi maka Backdoor.MAC. Eleanor ini akan membuat alamat Tor yang unik di sistem yang telah disusupinya. Disamping dapat memberikan kemampuan pada penyerang untuk menguasai sistem, malware ini juga dapat memberikan akses kepada penyerang untuk menggunakan kamera web untuk mengambil foto dan video.

Untuk saat ini para peneliti keamanan menghimbau agar para pengguna sistem operasi MAC secara rutin merubah konfigurasi pada pengaturan sistem keamanan Mac dan hanya mengijinkan aplikasi yang diperoleh dari Apps Store resmi Mac dan para pengembang aplikasi resmi yang lainnya. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut belum didaftarkan oleh Apple.