MASTEL Lakukan Audiensi ke Kepala BEKRAF

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Pengurus MASTEL hari ini (08/10/18) melakukan Audiensi ke Kepala BEKRAF yang bertempat di Kantor Gedung Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pada audiensi tersebut Ketua Umum MASTEL Kristiono diampingi oleh Ketua Koperasi Digital Indonesia Henri Kasyfi Soemartono, Ketua Dewan Pengawas MASTEL Darmoni Badri, Anggota Dewan Pengawas MASTEL Edi Witjara, Ketua Dewan Profesi dan Asosiasi MASTEL Betti Alisjahbana, Ketua Bidang Infrastruktur Broadband Nasional Nonot Harsono serta Direktur Eksekutif Arki Rifazka. Pada kunjungan tersebut mereka diterima langsung oleh Kepala BEKRAF Triawan Munaf dan Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur beserta stafnya.

Pada kesempatan tersebut ada dua agenda yang disampaikan oleh Ketua Umum MASTEL Kristiono. Agenda pertama terkait dengan Perangkat Smartphone Nasional, dimana dua tahun ini MASTEL dengan APJII telah mengambil inisiatif untuk membentuk koperasi digital Indonesia yang dilatar belakangi oleh kekhawatiran bahwa dunia digital ini keliatannya mulai jauh dari kedaulatan negara. Jadi diharapkan melalui Koperasi Digital Indonesia kita dapat membangun kembali kedaulatan negara Indonesia.

Eksistem pun telah disiapkan yang terdiri dari perangkat (devices) dengan memproduksi ponsel pintar, kemudian konektifitas mengutamakan penggunaan platform satelit, sehingga dapat masuk ke desa-desa dan daerah-daerah terpencil serta Aplikasi Nasional karena saat ini banyak penggunaan aplikasi global, oleh karena itu perlu adanya Aplikasi Nasional.

Dalam dua tahun telah berhasil diproduksi 5000 unit ponsel pintar, namun belum cukup berhasil. Oleh karena itu Koperasi Digital Indonesia berencana meluncurkan smartphone versi kedua yang akan lebih banyak melibatkan ekosistem nasional, termasuk operator, design house, aplikasi nasioal termasuk konektifitasnya. Untuk itu diharapkan program ponsel pintar versi kedua ini dapat disinkronkan dengan program yang telah berjalan di BEKRAF.

Agenda kedua yang disampaikan adalah mengenai akan diadakannya Indonesia Digital Innovation Festival pada bulan Desember 2018. Ada tiga lingkupnya yang pertama adalah Leadership Sharing, yang kedua akan dipamerkan produk-produk inovasi, dan yang ketiga adalah pemberian penghargaan kepada para leader yang sudah membangun inovasi di institusinya, termasuk produk-produk inonvasinya yang memang patut di apresiasi. Sementara untuk lembaga-lembaganya adalah lembaga pemerintah, perusahaan dan perguruan tinggi.

Dengan adanya agenda nasional tersebut, MASTEL mengharapkan adanya dukungan dari pihak BEKRAF. Apalagi tema yang diusung adalah innovation, maka tentunya ini sangat dekat dengan BEKRAF.(hh)