Menkominfo Kunjungi Pusat Operasi Operator Seluler Jelang Mudik Lebaran

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Para operator telekomunikasi diminta oleh Menkominfo agar memfokuskan layanannya pada daerah-daerah yang menjadi titik kemacetan di jalur mudik Lebaran 2016.

“Bagus layanan jaringan telekomunikasi ada di daerah-daerah tapi kita fokus kepada permasalahan. Contohnya exit Brebes yang panjang antreannya mencapai 15-20 km, kemudian daerah Pantura, Purwokerto, dan Banyumas,” katanya seperti dikutip dari halaman Kominfo.go.id, Selasa (5/07/2016).

Menkominfo mengadakan pengecekan terhadap para operator telekomunikasi seluler di Indonesia guna memastikan kesiapan mereka untuk mengantisipasi mudik Lebaran 2016.

Pada hari Minggu (3/7/2016), Menkominfo mengadakan kunjungan ke pusat kendali jaringan Telkomsel, disusul pada hari Senin (4/7/2016) ke tiga pusat kendali operator lain yaitu Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Hutchison Three (Tri).

“Sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan”, ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Pihak XL Xiata juga melakukan pengawasan terhadap peningkatan trafik di beberapa lokasi karena mulai berdatangannya pelanggan yang berasal dari daerah lain, kebanyakan dari mereka berasal Jabodetabek.

“Pada H-3, trafik perpindahan keluar dari Jakarta sebesar 14 persen, dan diprediksi pada saat hari H mencapai 20 persen”, ujar I Gede Darmayusa.

Sementara itu pihak Indosat Ooredoo melihat adanya peningkatan pada kapasitas trafik suara, yang menjadi 39 juta Erlang/hari. Pada penggunaan SMS peningkatan menjadi 4 Miliar SMS/hari. Penggunaan data menjadi 6.389 TerByte/hari.

Presiden Direktur Tri Hutchison Three (Tri) Indonesia, Randeep Singh Sekhon juga menyampaikan bahwa melihat tren di tahun kemaren, perkiraan peningkatan trafik di Tri akan terjadi di semua layanan, layanan telepon berkisar di 15 persen, data di 20 persen, sementara SMS di 10 persen.

“Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan untuk mengawal pelanggan kami yang akan mudik ke kampung halaman maupun yang berlibur,” ujar Randeep.

Menkominfo memberikan apresiasinya atas kerja keras para operator telekomunikasi seluler tersebut.

“Terima kasih laporannya dan jaga semangatnya. Semoga kita bisa melewati lebaran ini dengan baik dan selamat bekerja sampai H+7,” ujar Rudiantara.