Microsoft Salah Release Update Buat Ponsel dan Komputer Tidak berfungsi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Berdasarkan laporan yang baru-baru ini dikeluarkan oleh MSPowerUser, Microsoft telah meluncurkan update untuk Windows 10 build 16212 untuk komputer x86 dan ponsel yang menggunakan Windows 10. Ternyata di update terbaru tersebut ada bug yang justru membuat ponsel dan komputer menjadi tidak bergfungsi.

Hal ini menimbulkan keluhan terbesar dari para pengguna Windows 10 sejak diluncurkannya level update. Masalahnya para pengguna Windows 10 tidak bisa menolak atau mengabaikannya.

Bagi para pengguna yang telah mengupdate Windows 10 dengan update build 16212 komputer dan ponsel akan mengalami kegagalan berfungsi dan melakukan “boot” berulang-ulang. Seharusnya update tersebut hanya diberikan kepada para pengguna di Windows Insider program untuk diulas terlebih dahulu. Namun, entah bagaimana update itu diterima juga oleh pengguna Windows 10 yang bukan anggota dari Windows Insider program.

Kepala dari Windows Insider Program, Dona Sarkar telah menginformasikan kepada para pengguna untuk tidak memasang build 16212 pada status Twitternya.

“Ini terjadi dikarenakan ketidaksengajaan penyebaran dari sistem yang mengontrol update yang seharusnya dikirimkan ke Insider program,” ujar Dona Sarkar seperti dikutip dari blognya.

Dona Sarkar juga menginformasikan bahwa Microsoft telah melakukan perbaikan dan berdasarkan analisa mereka, hanya sebagian kecil pengguna yang terkena dampaknya.

Bagi pengguna yang belum memasang update build 16212 disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat terbang (Flight Mode) untuk mencegah pengunduhan otomatis. Bagi pengguna yang telah mengunduh update, rubah saja waktu aktif untuk pemasangan update.

Bagi para pengguna yang telah memasang update build 16212, maka perlu mengembalikan kondisi ke build sebelumnya, hal ini dapat dilakukan melalui Settings > Update & Security > Recovery.

Apabila kedua proses diatas terasa membingungkan, maka bisa menunggu Microsoft meluncurkan update untuk memperbaiki masalah tersebut.

“Kami mohon maaf atas terjadinya hal ini dan terima kasih telah menjadi bagian dari Windows Insider program! Kami akan selalu menginformasikan update terbaru minggu depan. Untuk minggu ini, kami tidak akan meluncurkan update terbaru,” tulis Dona Sarkar.

Untuk informasi lebih detail mengenai hal ini dapat dibaca ada link berikut ini Blog Windows.(hh)