“MOCAS” Program Komputer Tertua Yang Masih Digunakan

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Seorang pengembang aplikasi atau programmer dan mungkin bagi yang memiliki kemampuan di bidang programming, tentunya akan lebih banyak mengetahui tentang jenis-jenis komputer dan bahasa pemograman yang digunakan pada umumnya. Kita harus akui bahwa saat ini komputer dan alat elektronik lainnya telah manjadi sebuah kebutuhan.

Banyak dari kita yang menggunakan smartphone untuk membantu melakukan pekerjaan-pekerjaan kita. Namun, apabila kita berbicara mengenai programing, ada sebuah komputer program yang sudah sangat tua, tapi hingga saat ini masih digunakan, nama komputer program tersebut adalah “MOCAS”.

MOCAS ada singkatan dari Mechanization of Contract Administration Services yang disingkat menjadi “MOH-cass” dan untuk lebih memudahkan disebut dengan MOCAS. Komputer program ini diluncurkan pada tahun 1958 dan digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. MOCAS merupakan sistem manajemen kontrak berbasis komputer.

Seperti dilaporkan oleh MIT Tech Review, MOCAS merupakan bahasa pemograman tertua dan paling penting pada era itu. MOCAS dibuat dengan menggunakan bahasa COBOL dan perangkat antarmuka aslinya berbasis keycards atau punchcards.

“Pada dekade berikutnya program diupgrade, sehingga dapat digunakan untuk bekerja pada monitor yang memiliki layar berawarna hijau. Tampilan monitor itu dikenal dengan sistem akses terminal yang ketika itu digunakan secara luas pada sistem penerbangan, agen perjalanan, bank, dan perusahaan telekomunikasi sampai akhirnya penggunaan sistem akses terminal dihentikan beberapa tahun yang lalu,” jelas MIT Tech Review.

Setelah MOCAS diluncurkan, beberapa perangkat antarmuka dibuat agar dapat dihubungkan ke MOCAS, hal ini membantu memperpanjang usia penggunaannya. Menurut MIT Tech Review, sebelumnya pernah dilakukan usaha untuk membuat pengganti MOCAS, tetapi proses itu berjalan tersendat-sendat dikarenakan biaya, kompleksitas dan perencanaan migrasinya.

Saat ini MOCAS masih mampu melakukan pengelolaan obligasi dengan nilai mencapai 1,3 triliun dollar AS dan 340,000 kontrak. Konfigurasi perangkat kerasnya saat ini terdiri dari IBM 2098 mode E-10 mainframe, yang mampu menjalankan 398 juta instruksi per detik dan didukung oleh delapan gigabytes RAM.(hh)