Monitoring Optimalisasi Implementasi Rencana Pitalebar Indonesia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Pada tanggal 18 Januari 2018 Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) telah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) tentang “MONITORING OPTIMALISASI IMPLEMENTASI RENCANA PITALEBAR INDONESIA”, yang bertempat di Mercantile Athletic Club lt. 18, World Trade Center, Jl. Jend. Sudirman Kav 29-31, Jakarta.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Ketua Tim Pelaksana Wantiknas, Ilham Habibie sudah membentuk Tim Monitoring RPI yang diketuai oleh Kristiono dari MASTEL (Masyarakat Telematika).

Perpres RPI pasal 8 mengamanatkan bahwa Menteri PPN/Kepala Bappenas bersama WANTIKNAS melakukan proses pemantauan dan evaluasi pelaksanaan RPI. Memasuki tahun anggaran ketiga dari perjalanan RPI tersebut, Wantiknas melanjutkan rangkaian proses monitoring dan evaluasi (monev) RPI.

Monitoring adalah sebuah langkah atau aktivitas yang kita lakukan untuk mengumpulkan informasi terkait sebab – akibat dari kegiatan yang sedang kita lakukan. Monev RPI diperlukan guna mencari tahu sejauh mana gelaran RPI yang sudah Wantiknas kerjakan dalam dua tahun belakang terlaksana.

Jalan panjang implementasi Rencana Pitalebar Indonesia (RPI) yang sudah dilaksanakan oleh Wantiknas, kini memasuki tahapan evaluasi dimana sudah ada tim yang bertanggung jawab untuk memantau jalannya proses evaluasi tersebut.

Tujuan penyelenggaraan FGD ini, adalah sebagai berikut:

  1. Review pencapaian Perpres No 96 tahun 2014 pada akhir 2017 dan hubungannya dengan Perpres No 59 tahun 2017
  2. Rekomendasi Perpres No 96 tahun 2014 sebagai guideline implementasi Perpres No 59 tahun 2017
  3. Peta peran monitoring optimalisasi monitoring implementasi RPI

Hadir sebagai narasumber pada acara tersebut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kemkominfo RI Dr. Ir. Ismail, MT., Direktur Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Parawisata, Badan Pusat Statistik Dr. Titi Kanti Lestari, SE, M.Com, Direktur Energi, Telekomunikasi dan Informatika Bappenas Rizki Samiho Putra, Asisten Deputi Telematika dan Utilitas, Kemenko Perekonomian RI, Ir. Eddy Satriya, MA.(hh)