Netizen Habiskan 1 Milyar Jam Tonton YouTube

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Seperti kita ketahui saat ini YouTube merupakan layanan video sharing terpopuler dan pastinya banyak netizen yang menonton kontennya setiap hari. Hampir semua netizen suka menonton video di YouTube.

Melihat kondisi seperti itu, mungkin pernah terpikirkan oleh kita berapa jam sih umumnya netizen menonton YouTube setiap harinya? Dari laporan yang diposting oleh YouTube di blognya akan membuat kita terkejut melihat waktu yang dihabiskan untuk menonton video d YouTube.

Sebagai informasi saja, pada tahun 2015 YouTube mengumumkan jumlah waktu yang dihabiskan netizen menonton konten di YouTube telah lebih dari 500 juta jam per harinya. Nah, tahun pada 2016 jumlah waktu yang dihabiskan oleh netizen telah mencapai 1 milyar jam video.

Percaya atau tidak, YouTube juga menjadi salah satu penyebab cepat habisnya paket data yang digunakan oleh netizen. Bagi kebanyakan netizen, YouTube adalah sarana hiburan yang sangat berarti bagi mereka.

Hal ini tentunya didukung dengan adanya aplikasi mobile YouTube, ditambah dengan hadirnya YouTube Go yang diklaim mampu mengurangi pemakaian data. Dengan demikian netizen memiliki alternatif selain tetap bisa menonton video YouTube melalui komputer.

Dari hasil pencapaian 1 milyar jam video pada tahun 2016. Maka YouTube saat ini lebih fokus terhadap jumlah waktu yang dihabiskan oleh netizen untuk menonton video ketimbang jumlah penonton pada videonya.

“Mari kita tempatkan diri kita dalam sebuah perspektif. Jika kita duduk dan menghabiskan waktu sebanyak 1 milyar jam menonton video, maka itu akan sama dengan 100.000 tahun. 100.000 tahun yang lalu, nenek moyang kita sibuk dengan membuat kerajinan alat-alat dari batu, melakukan imigrasi keluar dari Afrika, mammoth dan mastodon masih berkeliaran di muka bumi. Sementara apabila kita gunakan 100.000 tahun untuk perjalanan dengan menggunakan kecepatan cahaya, maka itu akan mampu membawa kita dari satu sisi galaksi Bima Sakti ke sisi lainnya (dimana usia kita tidak akan bertambah). Tetapi apabila kita gunakan 100.000 tahun untuk mencari video di YouTube, maka kita akan benar-benar menemukan arti sebenarnya dari lagu group band KISS “Killer”,” tulis YouTube di halaman blognya.

Untuk itu YouTube tengah melakukan beberapa perubahan pada aplikasi mobilenya agar membuat layanan semakin menarik, termasuk menghilangkan iklan 30 detik yang tidak bisa dilewati.