Orang Nomor 1 Google Kunjungi Indonesia, Ada Apa?

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Sergey Brin, pendiri dari perusahaan raksasa Google dikabarkan tengah berada Indonesia. Kehadiran pria yang kini memimpin divisi Google X ini telah dikonfirmasi oleh Head of Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana.

“Ya, dia (Sergey Brin) sedang berada di Indonesia,” jelasnya.

Meskipun Jason belum mengungkapkan ada agenda apa saja yang membuat orang nomor 1 Google itu datang ke Indonesia, tapi menurut kabar yang didapat, Brin dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa menteri kabinet kerja.

Salah satu menteri yang memiliki agenda pertemuan dengan Brin adalah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Mereka dijadwalkan akan menbicarakan soal kerja sama di bidang pariwisata Indonesia dan juga akan melakukan konferensi pers hari ini (28/12/2015) pukul 14.30 sore.

Selain bertemu dengan Menpar, Brin juga dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Mereka akan melakukan pembicaraan mengenai kerja sama pemakaian Google Loon dan juga mengenai dukungan dari Google untuk berbagai startup asal Indonesia.

Sebelumnya, pada Oktober lalu Google bersama tiga operator besar di Indonesia seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo mengumumkan rencana uji coba terhadap Google Loon. Operator-operator ini berniat memakai balon internet keluaran Google sebagai alat pemancar jaringan internet di berbagai daerah di pelosok Indonesia.

Selain itu raksasa mesin pencari itu juga sempat mengumumkan dukungannya terhadap startup Indonesia melalui program Launchpad Accelerator.

Startup lokal bisa mengikuti program tersebut dan mendapatkan berbagai dukungan, mulai dari mentoring hingga pendanaan tanpa keterikatan saham.

Sergey Brin merupakan orang yang sudah tak asing lagi di ranah teknologi masa kini. Bersama rekannya Larry page, dia mendirikan Google yang kini bertransformasi menjadi perusahaan teknologi terbesar. [MFHP]