Pantau Penggunaan Ponsel Pada Anak Dengan Aplikasi Ini

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Saat ini anak-anak telah jauh lebih pintar dari pada orang tuanya dalam hal mengoperasikan perangkat-perangkat digital. Tidak heran banyak orang tua yang merasa khawatir anak-anak mereka mengakses hal-hal yang tidak pantas untuk seumuran mereka di internet.

Baru-baru ini, Google telah memperkenalkan sebuah aplikasi yang memberikan orang tua kebebasan dalam mengontrol ponsel pintar yang digunakan oleh anak-anak mereka. Google telah meluncurkan aplikasi bernama Family Link, sebuah aplikasi yang dapat memantau aktifitas pada perangkat Android yang digunakan oleh anak-anaknya.

Menurut Google aplikasi ini memang ditujukan untuk orang tua. Dengan menggunakan aplikasi ini, orang tua dapat melihat aplikasi apa saja yang diunduh oleh anak-anak mereka melalui Google Play Store, dan orang tua pun dapat memblokir akses untuk mengunduh aplikasi yang berbahaya.

Selain itu, dengan aplikasi Google Family Link orang tua juga kini dapat memantau waktu yang dihabiskan oleh anak-anak mereka pada aplikasi favorit mereka. Laporan dapat diatur untuk mingguan, bulanan, bahkan harian dan bisa juga ditentukan batas waktu penggunaannya pada perangkat mereka.

Orang juga dapat menentukan kapan waktu tidur melalui aplikasi Family Link. Nah, dengan disetnya waktu tidur, maka otomatis ponsel akan terkunci dan tidak dapat digunakan.

Tersedia juga fitur-fitur lain seperti safesearch, pengelolaan ijin terhadap aplikasi, mengetahui lokasi dimana anak-anak berada. Melalui aplikas ini juga orang tua dapat menugaskan anggota keluarga lainnya untuk memantau akun anak-anak mereka.

Hanya saja aplikasi ini hanya bisa berjalan pada perangkat Android yang telah menggunakan Android Nougat 7.0. Dimana saat ini belum banyak tersedia perangkat Android yang menggunakan Nougat. Untuk melakukan pemantauan, masih bisa dilakukan pada Android KitKat 4.4.

Namun, perlu diperhatikan juga penggunaan aplikasi ini, karena selain digunakan untuk mengontrol ponsel yang digunakan oleh anak-anak. Aplikasi ini juga dapat dipasang pada ponsel teman-teman kita dan kita pun dapat melakukan hal yang sama pada mereka. Jadi perlu adanya semacam sistem keamanan, untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Disamping itu, aplikasi Family Link saat ini hanya tersedia di untuk pengguna di Amerika saja. Namun, dalam waktu dekat akan diluncurkan juga di negara-negara lain. Apabila memerlukan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini, bisa dilihat pada link berikut ini https://families.google.com/familylink/.(hh)