Penampakan Nokia 3310 Di Gelaran MWC 2017

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Akhirnya ponsel Nokia 3310 telah diluncurkan setelah hampir 17 tahun masa debutnya. Banyak yang menganggap ponsel ini merupakan sebuah ikon dikarenakan kepopularitasan dan kekokohannya. Lebih dari 126 juta ponsel diproduksi sebelum akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 2005.

Seperti dilansir dari BBC, versi Nokia 3110 model baru tersebut akan dijual di bawah lisensi start-up asal Finlandia bernama HMD Global, yang juga meluncurkan beberapa model ponsel smartphone Nokia yang menggunakan sistem operasi Android.

Ben Wood seorang pakar dibidang teknologi dari CCS Insight, melihat dengan diluncurkannnya Nokia 3110 model baru merupakan cara terbaik dalam melakukan peluncuran kembali ponsel bermerek Nokia tersebut.

“Nokia 3310 merupakan ponsel yang memiliki pasar massal pertama dan memiliki banyak nostalgia bagi banyak pengguna serta menimbulkan rasa kesetiaan yang mendalam,” ujarnya seperti dikutip dari BBC.

“Seandainya HMD mengumumkan tiga perangkat Android saja, mungkin tidak ada tempat bagi mereka di media,” tambahnya.

“Jadi dengan adanya peluncuran Nokia 3310 merupakan langkah yang sangat pintar dan kita harap akan dapat melihat volume penjualan yang signifikan,” ujarnya lagi.

Dari sisi spesifikasi Nokia 3310 model baru ini hanya berupa fitur ponsel biasa, sehingga memiliki keterbatasan pada fasilitas internetnya.

Untuk koneksi internetnya masih terbatas pada 2.5G, yang kecepatannya masih jauh dibawah 3G ataupun 4G. Sistem operasi yang digunakan adalah S30, dimana kita masih bisa gunakan untuk keperluan menjelajah internet, tapi aplikasi yang tersedia sangat terbatas, tidak seperti Android atau iOS. Sementara kamera yang menyertai ponsel tersebut hanya memiliki kemampuan dua megapixels.

Namun, kelebihan yang dimiliki terletak pada kekuatan baterainya. Pada penjelasannya HMD menyampaikan bahwa baterainya mampu bertahan selama satu bulan untuk kondisi stand by, sementara untuk waktu bicara sebanyak 22 jam.

“Ini hampir seperti obat untuk menghilangkan kecanduan terhadap dunia digital atau bisa kita anggap sebagai telepon disaat liburan,” ujar kepala eksekutif HMD, Arto Nummela kepada BBC.

“Jika anda ingin menghilang dari sibuknya dunia pekerjaan, tapi anda masih perlu sesuatu untuk berkomunikasi, maka Nokia 3110 merupakan solusi yang tepat,” tambahnya.(hh)