Penandatanganan MOU antara MASTEL dengan US-ASEAN BC

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Acara yang berlangsung pada hari Jumat dan bertempat di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini dihadiri oleh Ketua Umum MASTEL, Ir. Kristiono, Dubes Amerika, Robert O. Blake, President & CEO US-ASEAN BC, Alexander Feldman serta Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Penandatanganan kerjasama antara kedua belah pihak ini menghasilkan kesepakatan yaitu:

  1. Bahwa kedua belah pihak sepakat bertukan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan industri telematika.
  2. Bahwa kedua belah pihak sepakat untuk saling membantu untuk mempromosikan teknologi dan perkembangan industri TIK yang terjadi di kedua belah pihak.
  3. Sepakat untuk saling menjajaki kemungkinan untuk bekerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan berkaitan telematika.
  4. Pertukaran tenaga ahli dan saling membantu untuk mempromosikan peluang–peluang bisnis antara kedua belah pihak.

1

Ketua Umum MASTEL, Ir. Kristiono sangat menyambut baik kerjasama ini, karena akan mencakup pertukaran informasi tentang hal–hal yang berkaitan dengan pengembangan industri telematika. “Kemudian sepakat saling membantu untuk mempromosikan teknologi dan perkembangan industri TIK yang terjadi di kedua belah pihak,” tambah Ir. Kristiono. Menurut beliau, kedua belah pihak sepakat untuk saling menjajaki kemungkinan untuk bekerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan telematika. Ketua MASTEL tersebut mengatakan, “Serta pertukaran tenaga ahli dan saling membantu untuk mempromosikan peluang-peluang bisnis antara kedua belah pihak,”.

3

Robert O. Blake selaku Duta Besar Amerika Serikat memberikan pernyataannya dalam acara ini. Beliau mengatakan dengan penandatanganan antara US-ASEAN BC dengan MASTEL akan lebih mempererat hubungan transpasific antara Indonesia dengan USA yang digagas oleh Presiden AS, Barack Obama. Menurut beliau, Amerika dan Indonesia adalah partner strategis di dalam pengembangan teknologi dan industri telematika dan lebih lanjut mengharapkan agar kesepakatan ini dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam bidang TIK di Indonesia.. Diharapkan US dengan Indonesia akan lebih mempererat hubungan kerja sama dalam semua bidang khususnya pada bidang teknologi khususnya lagi dalam bidang e-commerce. Beliau berharap kerja sama antara US-ASEAN BC dengan MASTEL adalah awal untuk kerjasama lainnya.

2

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa beliau senang atas kerjasama yang diharapkan akan berjalan dengan baik dan memberi manfaat yang besar bagi pengembangan telematika di Indonesia dan memberikan dampak yang baik pada proses alih teknologi. “saya ingin melihat hasil dari perjanjian ini dengan hasil yang benar–benar ada. Didukung dengan kegiatan yang tertata dengan baik.” Beliau mendukung penandatanganan antara Mastel dengan US-ASEAN BC. Pada segi ekonomi digital saat ini, Indonesia termasuk terbesar lewat bisnis e-commerce. Beliau ingin membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi dalam segi ini. Semua masyarakat Indonesia ingin melihat bangsanya unggul dalam menggarap segi ekonomi digital ini. Beliau meminta kedua organisasi ini untuk meningkatkan ekonomi digital ini ke tingkat yang lebih baik khususnya Indonesia. Beliau optimis dengan kerjasama ini karena yakin kedua organisasi ini akan lebih meningkatkan kerja sama antar kedua negara.

5

[MFHP]