Penemu Word Wide Web Buat Startup Untuk Tandingi Google & Facebook

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, meluncurkan startup yang nantinya akan menjadi pesaing Facebook, Amazon dan Google.

Nama perusahaan startup tersebut adalah Inrupt, perusahaan yang dibangun dengan menggunakan platform open source bernama Solid dari Tim Berners-Lee. Solid memungkinkan pengguna untuk memilih di mana data mereka disimpan dan nformasi apa saja yang boleh di akses oleh.

Aplikasi ini menggunakan teknologi Solid untuk memungkinkan orang membuat “penyimpanan data online pribadi” mereka sendiri atau POD. Ini dapat berisi daftar kontak, daftar yang harus dilakukan, kalender, perpustakaan musik dan alat pribadi dan profesional lainnya. Ini seperti Google Drive, Microsoft Outlook, Slack, dan Spotify semuanya tersedia di satu browser dan semuanya pada waktu yang bersamaan.

Yang unik dari penyimpanan data online pribadi adalah sepenuhnya tergantung pada pengguna yang dapat mengakses jenis informasi apa. Perusahaan menyebutnya “pemberdayaan pribadi melalui data.”

Ide untuk Inrupt inimenurut CEO perusahaan John Bruce, adalah agar ada perusahaan membawa sumber daya, proses, dan keterampilan yang sesuai untuk membantu agar Solid tersedia bagi semua orang.

Perusahaan startup tersebut saat ini beranggotakan Tim Berners-Lee, John Bruce, sebuah platform keamanan yang dibeli oleh IBM, beberapa pengembang non-staf yang dikontrak untuk bekerja pada proyek, dan komunitas para programmer sukarelawan.

Mulai minggu ini, para pengembang teknologi di seluruh dunia dapat membuat aplikasi terdesentralisasi mereka sendiri menggunakan alat yang tersedia di situs web Inrupt.

Dalam sebuah tulisan yang yang diterbitkan di Media pada hari Sabtu, Tim Berners-Lee menulis bahwa misi dari Inrupt adalah menyediakan energi komersial dan ekosistem untuk membantu melindungi integritas dan kualitas web baru yang dibangun pada Solid.

Pada tahun 1994, Tim Berners-Lee mengubah Internet ketika ia mendirikan World Wide Web Consortium di Massachusetts Institute of Technology. Dalam beberapa bulan terakhir, Tim Berners-Lee telah menjadi suara yang berpengaruh dalam debat kebebasan berinternet.

Bahkan ketika meluncurkan Inrupt, Tim Berners-Lee akan tetap menjadi Pendiri dan Direktur World Wide Web Consortium, Web Foundation dan Open Data Institute.

“Saya sangat optimis akan hadirnya sebuah era baru selanjutnya dari internet,” imbuh Tim Berners-Lee.(hh)

Sumber