Periksa Komputer Untuk Kerentanan NSA dengan Aplikasi Gratis Ini

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Perusahaan Keamanan Qihoo (360 Total Security) telah membuat aplikasi yang dapat digunakan oleh para netizen untuk memindai komputer mereka untuk mengetahui apakah ada kerentanan yang telah digunakan oleh NSA.

Tahun ini dunia telah menjadi saksi atas serangan terbesar dari ransomware. Ransomware WannaCry telah menyerang sejumlah perusahaan besar di seluruh belahan dunia.

Para peneliti pun sibuk mengembangkan aplikasi untuk memperbaiki komputer yang terkena serangan Ransomware WannaCry. Sekarang mereka telah menemukan aplikasi yang bisa memperbaiki dan membuka akses file pada komputer-komputer tersebut.

Aplikasi Gratis Untuk Buka Enkripsi WannaCry Telah Tersedia

Sebelumnya juga para peneliti telah mengidentifikasi malware lainnya yang dikenal dengan EternalRocks. Para peneliti menyatakan bahwa Ransomware EternalRocks jauh lebih berbahaya dari pada WannaCry dan akan sulit untuk dilawan.

Baru-baru ini perusahaan keamanan Qihoo (360 Total Security) telah mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk memindai komputer Windows mereka, untuk mengetahui apakah ada kerentanan yang digunakan oleh NSA.

Sebuah laporan dari Softpedia menyampaikan bahwa aplikasi tersebut dapat memindai EternalBlue sebuah kelemahan yang dimanfaatkan oleh WannaCry. Bahkan aplikasi ini mampu memindai malware lain seperti EternalChampion, EternalSynergy, EternalRomanca dan lain-lain.

Perusahaan keamanan tersebut juga menjelaskan bahwa penyerang yang menggunakan senjata siber buatan NSA mampu menembus lebih dari 70 persen sistem operasi Windows di dunia. Komputer yang belum dipasang update terbaru dari Microsoft kemungkinan besar akan langsung terinfeksi begitu terhubung ke internet tanpa file atau link yang dibuka.

Aplikasi tersebut telah melakukan sebuah pekerjaan yang sederhana yaitu memindai komputer apakah sudah tertutup dengan baik, sehingga mampu menangkis segala kerentanan yang ada. Selain itu, pengguna juga akan di informasikan apabila ada kelemahan keamanan pada komputer mereka.

Disamping itu, aplikasi itu akan otomatis menginformasikan mengenai update yang dibutuhkan. Bagi yang ingin mencoba aplikasi tersebut dapat mengunduhnya pada link berikut ini. Dengan mencobanya, tentunya harus siap dengan apa pun resiko yang akan terjadi.(hh)