Perusahaan Teknologi Perkenalkan Pengisian Daya Tanpa Kabel

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

California – Sebuah perusahaan teknologi di Amerika bernama uBeam telah memamerkan teknologi pengisian daya tanpa kabel untuk pertama kalinya di Silicon Valley. Sistem pengisian daya nirkable ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi.

Sebelumnya pengembangan yang mereka lakukan menjadi sebuah misteri, karena tidak adanya diskusi publik yang dilakukan dan rincian dari prototipenya pun tidak pernah dipamerkan. Namun, akhirnya uBeam memutuskan untuk memamerkan teknologi yang telah mereka kembangkan selama ini.

Seperti dilansir dari The Verge, pendiri uBeam Meredith Perry memperlihatkan prototipe teknologi tersebut pada acara Pertemuan Teknologi yang diadakan di Los Angeles, California. Perry menyatakan bahwa tadinya itu merupakan sebuah demonstrasi rahasia, yang tentunya ia sadari sangat sulit untuk ditutupi, karena pada akhirnya selang beberapa jam setelah demonstrasi tersebut dilakukan, videonya muncul di Twitter.

Pada video tersebut terlihat Perry memegang sebuah alat yang sepertinya terlihat seperti sebuah ponsel Android, dan di dekatnya ada perangkat buatan uBeam. Setelah beberapa saat muncul tanda pada layar ponsel yang membuat para hadirin bertepuk tangan.

Cara kerja dari teknologi yang mereka kembangkan tersebut dijelaskan pada website mereka. Dimana pada penjelasannya semua berawal dari sebuah perangkat yang mampu mengirimkan gelombang suara. Hampir seperti sebuah speaker cara kerjanya, tetapi suaranya tidak terdengar karena menggunakan frekuensi tinggi, sehingga aman bagi pendengaran manusia dan binatang.

Gelombang suara frekuensi tinggi tersebut dikirimkan dengan jarak beberapa meter dan dapat dikenali oleh sebuah perangkat elektronik seperti ponsel, yang kemudian merubah gelombang suara tersebut menjadi sebuah energi listrik yang mampu mengisi daya dari perangkat tersebut.

Namun, masih ada tantangan yang dihadapi uBeam, sebuah perusahan yang masih perlu berjuang untuk mendapatkan kepercayaan dari para stake holder, karena hinggi saat ini hal tersebut belum terlihat. Itupun seandainya teknologi yang mereka kembangkan tersebut berfungsi dengan benar.

Bukan sebuah hal yang meragukan apabila teknologi yang merekan kembangkan nantinya menjadi sebuah revolusi teknologi yang mampu berubah cara bagaimana kita melakukan pengisian pada perangkat elektronik yang kita miliki. Tentunya uBeam pun memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa teknologi yang mereka kembangkan tersebut memang sebuah teknologi yang revolusioner.(hh)