Ponsel Jadi Lambat Apple & Samsung di Investigasi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Sepertinya sekarang apa yang telah dilakukan oleh Apple telah menyeret pembuat ponsel lain. Baru – baru ini, pemerintah Italia meluncurkan penyelidikan terhadap perusahaan pembuat ponsel pintar, Samsung.

Langkah besar yang diambil oleh Apple untuk membuat iPhone model lama menjadi lambat telah membuat perusahaan tersebut masuk kedalam trauma terbesar yang pernah dialaminya. Semua ini terjadi setelah secara terbuka Apple mengakui bahwa mereka dengan sengaja membuat iPhone lama menjadi lambat melalui pembaharuan iOS.

Menurut Apple, mereka sengaja mengambil langkah tersebut untuk mengatasi masalah baterai. Namun, para pengguna iPhone di seluruh dunia merasa kesulitan untuk menerima penjelasan tersebut. Tidak lama kemudian, Apple mengeluarkan surat permintaan maaf yang sangat panjang kepada pelanggan mereka. Di dalam surat tersebut, Apple menyebutkan adanya kesalahpahaman terhadap berita yang mereka sampaikan.

Sepertinya sekarang langkah Apple yang dikritik itu telah menyeret pembuat ponsel lain. Baru – baru ini pemerintah Italia mengadakan penyelidikan yang melibatkan perusahaan pembuat ponsel pintar, Samsung. Lembaga anti persaingan usaha Italia (The Autorità Garante della Concorrenza e del Mercato atau AGCM) telah mengumumkan adanya rencana memeriksa perangkat – perangkat lama yang di produksi oleh Apple dan Samsung.

AGCM menyatakan bahwa perusahaan pembuat ponsel tidak menginformasikan mengenai dampak terhadap terhadap kinerja ponsel pintar sebelum mengirimkan software pembaharuan. Dengan adanya hal ini, perusahaan pembuat ponsel telah memaksa orang untuk membeli model terbaru, padahal hanya dengan mengganti baterai dapat menyelesaikan masalah.

Pengumuman itu berbunyi “Dengan adanya laporan dari konsumen dan kegiatan pra-pengadilan yang dilakukan oleh pemerintah, maka pemerintah memutuskan untuk melakukan dua proses terpisah dalam menghadapi praktik perdagangan yang tidak adil terhadap perusahaan Samsung dan Apple yang beroperasi di Italia.”

Saat ini belum ada detail sepesifik kenapa Samsung telah mendapatkan tuntutan tersebut. Namun, apabila kedua perusahaan dinyatakan bersalah, maka akan dikenakan denda jutaan dolar. Perlu diketahui bahwa Samsung telah menyatakan mereka tidak menggunakan taktiknya Apple untuk membuat lambat perangkat yang lama, karena mereka menggunakan metode lain untuk mengatasi permasalahan baterai.

Sementara itu, CEO Apple Tim Cook mengatakan pada pembaharuan iOS berikutnya akan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan perlambatan apabila mereka memilih, dan memberikan informasi yang lebih transparan mengenai kondisi baterai pengguna iPhone.(hh)

Sumber