Profil

MASTEL merupakan wadah seluruh pemangku kepentingan Industri Digital, yang didirikan pada tanggal 1 Desember 1993. Pada awal berdirinya, MASTEL bernama Masyarakat Telekomunikasi Indonesia. Perubahan nama dari Masyarakat Telekomunikasi Indonesia menjadi Masyarakat Telematika Indonesia dilakukan pada Musyawarah Nasional Ke-3 pada tanggal 20 Februari 2000. Didorong oleh perkembangan Industri telekomunikasi menjadi industri ICT dan berlakunya UU No. 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

Dengan pesatnya kemajuan industri digital, dimana ICT tidak hanya sebagai Industri, namun telah berkembang menjadi enabler bagi seluruh sektor. Maka pada Musyawarah Nasional Ke-9 tahun 2018, ruang lingkup Industri MASTEL diperluas hingga turut mencakup keseluruhan cabang/sektor/bidang Industri Digital.

Dalam penetapan kebijakan dan regulasi, pasal 5 UU 36 tahun 1999 mengamanahkan kepada Pemerintah agar melibatkan peran serta masyarakat. Bentuk peran serta masyarakat yang dimaksud berupa penyampaian pemikiran dan pandangan yang berkembang dalam masyarakat mengenai situasi dan arah pengembangan dalam rangka penetapan kebijakan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan bidang Telekomunikasi dan TIK. Keberadaan MASTEL sebagai perkumpulan yang menaungi anggota dari multi-stakeholders membuat MASTEL memenuhi kriteria lembaga peran serta yang dimaksud dalam UU No. 36 Tahun 1999. Atas dasar tersebut, Susunan Pengurus MASTEL periode 2018-2021 turut mendapatkan pengukuhan dari Menkominfo yang dituangkan dalam Keputusan Menteri No. 405 tahun 2018.

MASTEL jaman Now bermaksud menjalin kemitraan kerja yang lebih intens kepada sektor Kementerian/Lembaga yang lebih luas, diantaranya Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kominfo, BAPPENAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, Badan Siber dan Sandi Negara, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Perhubungan. Disamping eksekutif, MASTEL juga aktif berkomunikasi dengan Komisi I dan Badan Legislasi DPR RI. MASTEL menjadi muara dari peran serta masyarakat Indonesia, sejalan dengan tagline “Connecting The Dots”.