Samsung Lakukan Uji Coba Mobil Swakemudi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, telah menyetujui rencana Samsung untuk melakukan uji coba mobil swakemudi pada Senin lalu.

Setelah sebelumnya beredar berita mengenai disetujuinya uji coba mobil swakemudi Apple, sekarang menyusul perusahaan teknologi terbesar asal negeri ginseng itu untuk mengikuti jejak perusahaan teknologi yang lain dalam hal pengembangan mobil swakemudi.

Baca: Ijin Uji Coba Mobil Tanpa Pengemudi Apple Dikeluarkan

Dengan disetujuinya ijin uji coba tersebut, maka Samsung akan segera dapat melakukan uji coba di jalan-jalan, Korea Selatan. Seperti dilansir dari Korea Herald, perusahaan tersebut akan menggunakan mobil Hyundai yang telah dimodifikasi untuk keperluan uji coba.

Samsung sendiri secara resmi telah membantah bahwa tidak ada niat dari mereka untuk membuat mobil sendiri.

“Adanya persetujuan uji coba mobil swakemudi bukan berarti Samsung akan membuat mobil swakemudi,” ujar juru bicara perusahaan tersebut.

Tujuan dilakukannya uji coba adalah dalam rangka pengembangan perangkat lunak dan mencari solusi untuk mobil swakemudi, hanya itu,” tambahnya.

Mobil yang akan digunakan untuk uji coba akan dilengkapi dengan laser dan sensor radar yang dibuat oleh perusahaan lain yang akan digabungkan dengan sistem kecerdasan buatan Samsung yang mampu belajar sendiri.

Jadi tujuannya adalah untuk melatih AI bagaimana caranya berkendaraan di segala kondisi, termasuk cuaca buruk.

“Mengemudi adalah sebuah tugas yang sangat komplek. Beberapa bagian dapat dengan mudah diotomatisasikan. Namun, ada juga sejumlah hal yang sulit, misalnya seperti melakukan menuver-manuver kecil,” jelas Dr. Siraj Ahmed Shaikh dari Centre for Mobility and Tranport (CMT) di Universitas Coventry seperti dikutip dari BBC.com.

Menurut Dr. Siraj Ahmed Shaikh untuk dapat melakukan manuver yang rumit akan sangats sulit dicapai oleh Samsung. Karena ini melibatkan pemikiran teknologi yang sangat dalam.

Untuk itu, Samsung juga telah merencanakan untuk membuat modul komputer dan sensor sendiri, seperti apa yang disampaikan oleh Kementerian pertanahan, infrastruktur dan Transport, Korea Selatan.

Guna mendukung tujuannya, tahun lalu Samsung telah membeli perusahaan Amerika bernama Harman. Perusahaan ini telah memiliki pengalaman dalam mengembangkan software dan komponen untuk mobil swakemudi.

Pada bulan Januari tahun ini, perusahaan tersebut telah mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan platform untuk mobil swakemudi yang bisa dijual kepada perusahaan pembuat mobil.(hh)