Sebentar Lagi Windows 10 Dapat Dioperasikan Dengan Mata

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Dalam beberapa tahun terakhir Microsoft tidak henti – hentinya memberikan kejutan. Kali ini Microsoft telah mengumumkan berita terbarunya mengenai Windows 10. Microsoft telah menjalin kerja sama dengan Tobii yang merupakan pelopor teknologi yang dapat melacak pergerakan mata dan apa yang dilihatnya pada layar komputer.

Seperti dilansir dari Cnet, melalui kerja sama tersebut, para pengguna Windows 10 nantinya akan mendapatkan sebuah teknologi yang sangat menarik. Dimana nantinya memungkinkan mereka untuk mengaktifkan icon dan menggerakan kursor dari mouse dengan menggunakan penglihatan.

Beberapa komputer berbasis Windows telah terintegrasi dengan sensor sidik jari, sehingga memiliki fungsi yang sama dengan ponsel. Inilah alasannya kenapa Microsoft ingin memperbaharui keseluruhan lingkungan komputer, sehingga memungkinkan mereka lebih unggul dari platform lain dan yang terpenting dari perusahaan komputer lain seperti Apple.

Untuk dapat mewujudkan fitur ini, maka sebuah kamera khusus akan digunakan. Dimana kamera ini akan melacak apa yang dilihat mata kita pada layar komputer. “Tobii Eye Tracker 4C” merupakan perangkat pertama yang menyediakan dukungan untuk Windows 10.

Walaupun teknologi ini masih terdengar seperti di filem fiksi ilmiah, tapi sebenarnya bukanlah sebuah hal yang baru. Banyak proyek sebelumnya yang telah menggunakannya, mulai dari permainan komputer sampai dengan penelitian pada pertandingan Formula 1. Hanya saja, baru kali ini hadir di Windows.

Dengan adanya teknologi tersebut akan memudahkan mengakses sebuah sistem operasi. Khususnya bagi orang – orang yang cacat dan tidak mampu menggunakan keyboard dan mouse. Bahkan komunitas dari amyotrophic lateral sclerosis (ASL) dan penyakit kelainan syaraf (motor neurone disease), telah bekerja sama dengan Tobii dan Microsoft untuk mewujudkan teknologi tersebut.

Pada awalnya, teknologi pelacakan mata akan digunakan untuk pendekatan dalam beberapa akses dari pengetikan sampai dengan menggerakkan kursor mouse. Namun, nantinya teknologi ini akan menjadi standar baru pada versi Windows 10 yang akan datang.(hh)

Sumber