Siapa Sangka Balok Kayu Ini Ternyata Perangkat IoT

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Sepintas terlihat seperti balok kayu yang indah penghias sebuah ruangan. Namun, ini adalah Mui sebuah tampilan interaktif yang dapat digunakan untuk mengontrol lampu, temperatur ruangan dan menampilkan pesan.

Seperti dilansir dari The Verge, Mui dibuat oleh perusahaan asal Kyoto, Jepang bernama Nissha yang memiliki spesialisasi dalam pengembangan sensor sentuh kapasitif yang telah digunakan pada Nintendor Switch.

Mereka juga bekerja sama dengan perusahaan bola lampu dan Net LED Philips Hue, untuk pengembangan dan integrasi lampu pintar (smart light). Saat ini Mui memang hanya sebuah prototipe.

Untuk aplikasi pendamping guna mengendalikan lampu, integrasi IFTTT dan Alexa masih dalam pengembangan. Saat ini mereka menggunakan layanan Internet of Thing dari myThings milik Yahoo Jepang.

Nama Mui sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya “diam”, sepertinya nama ini memang sesuai dengan tampilannya. Bentuk desainnya dibuat seolah – olah tidak terlihat sampai ia diperlukan dan diluar dari ingatan sampai pengguna memanfaatkannya.

Siapa Sangka Balok Kayu Ini Ternyata Perangkat IoT

Memang Mui terlihat indah untuk dilihat dibanding produk rumah pintar (smart home) seperti Nest Thermostat E atau Ecobee yang terintegrasi dengan Alexa. Tampilan dari perangkat smart home Google Home dan Echos merupakan indikasi bahwa teknologi smart home sedang berkembang dengan pesat.

Rencananya Mui akan meluncurkan sebuah crowdfunding seperti Kickstarter sekitar bulan Juni 2018, dengan kisaran dana antara 900 sampai dengan 1,200 dolar Amerika. Lumayan besar juga biaya yang mereka perlukan. Apabila Mui dapat diprogram untuk menampilkan jadwal terlambat kereta di MTA, mungkin pengguna akan terhibur karena melihatnya sebagai sebuah balok kayu yang sangat Indah.

Dari pandangan langsung The Verge, Mui terlihat cukup cantik dan versi yang dilihat adalah yang terbuat dari kayu sycamore. Tetapi ada prototipe lain yang terbuat dari gelas kaca dan bahan kain berwarna merah serta berbahan keramik.

Video dibawah ini memperlihat bagaimana tampilan desain dari Mui dan bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengannya.(hh)

Sumber