Tahun 2018 Fitur Pemindaian Sidik Jari Pada Layar Ponsel Akan Jadi FItur Standar

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Dengan akan diluncurkannya iPhone 8, kita semua masih menunggu apakah iPhone 8 akan membanggakan fitur pemindaian sidik jari dibawah layar ponselnya. Namun, apabila ternyata Apple tidak mengaplikasikannya pada iPhone 8, sejumlah ponsel pintar akan menerapkan teknologi tersebut pada tahun 2018.

Seperti dilansir TechRadar, mereka berhasil duduk bersama dengan Raj Talluri, General Manger IoT Business dari Qualcomm, pada acara IFA 2017 yang saat ini tengah berlangsung di Berlin, Jerman. Dalam kesempatan tersebut, mereka mendiskusikan mengenai masa depan teknologi biometric dan Raj menyatakan bahwa teknologi itu akan siap diluncurkan tahun depan.

Qualcomm telah mengumumkan teknologi pemindaian sidik jari yaitu Ultrasonic Snapdragon Sense ID 3D yang dapat bekerja melaui besi dan kaca pada tahun 2015. Hanya saja baru sekarang mendekati penyelesaian untuk penggunaan di bawah layar ponsel pintar.

Awal tahun ini teknologi tersebut dilihat oleh Engadget sedang beraksi pada sebuah prototype perangkat Vivo di acara MWC Shanghai, tetapi yang kita tunggu adalah ponsel pertama yang dijual untuk publik.

Raj telah mengelaskan bahwa untuk mendapatkan pemindaian sidik jari bekerja dibawah layar tidaklah mudah.
“Membutuhkan waktu tidak sedikit untuk saya dan tim saya mendapatkannya, tapi saya yakin kita akan melihatnya pada perangkat – perangkat utama tahun depan,” ujarnya.

Pada tahap pengembangan, Qualcom mengalihkan teknologi tersebut dari konsep ke produksi, dan ditemukan parameter yang selalu berubah pada komponennya, sehingga memerlukan pekerjaan untuk memperbaikinya.

“Jadi ketika kita telah berhasil menemukan cara kerja untuk dibawah plastic, layar ponsel menjadi kaca, ketika kita berhasil menemukan cara kerjanya di bawah kaca, sekarang malah dibawah layar ponselnya,” ujar Raj. Qualcomm saat ini sudah pada tahap dimana bisa memfungsikannya di semua jenis permukaan.

“Kami yakin telah menemukan solusinya, sehingga nanti dapat berfungsi di bawah besi, kaca dan layar ponsel. Selain itu juga nantinya akan anti air, sehingga bisa berfungsi dibawah air, diharapkan tahun depan sudah bisa masuk produksi,” imbuhnya.

Itu artinya ponsel seperti Samsung Galaxy S9, LG G7 dan HTC U12 akan menggunakan fitur pemindaian sidik jari dibawah layar. Tetapi sepertinya Apple akan mendahuluinya pada tanggal 12 September. Kita lihat saja nanti.(hh)

Sumber