Ternyata Aluminium Foil Bisa Bantu Tingkatkan Sinyal Wireless

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Berdasarkan hasil sebuah penelitian aluminum foil dapat digunakan untuk mengarahkan serta meningkatkan sinyal WiFi yang kurang bagus. Hal ini dilaporkan oleh EurekAlert kemarin bahwa para peneliti di Dartmouth College telah menemukan reflektor sinyal yang dicetak dengan printer 3D.

Seperti dilansir dari Engadget, reflektor sinyal yang terdiri dari lapisan tipis dari logam dan plastik tersebut dapat meningkatkan sinyak wireless dirumah secara drastis. Bahkan biayanya pun dapat dibilang murah.

Ide awal dari eksperimen tersebut berdasarkan penggunaan kaleng minuman soda yang diletakkan dibelakang router untuk mengarahkan sinyal WiFI dari dinding ataupun rintangan yang lain.

Dari eksperimen tersebut tim peneliti berhasil menganalisa sebuah ruang dan membuat reflektor yang bisa mengoptimalkan sinyal WiFi di dalam ruangan. Kemudian mereka memasukan data kedalam sebuah program bernama WiPrint yang didesain untuk mengoptimalkan reflektor plastik dan membuatnya menggunakan printer 3D.

Langkah terakhir yaitu menutup objek dalam sebuah aluminum foil yang ditempatkan diatas router. Kita dapat melihat demonstrasinya pada video dibawah ini.

Solusi ini menyelesaikan sejumlah masalah terkait sinyal WiFi. Pertama, biayanya murah, apabila kita memiliki printer 3D, hanya akan membutuhkan biaya sekitar 35 dolar Amerika. Karena antena directional harganya jauh lebih mahal.

Kedua, kita akan dapat mengontrol sinyal WiFI, tentunya banyak manfaat yang kita akan dapatkan dengan adanya kemampuan mengontrol sinyal. Jadi kita dapat memastikan sinyal hanya untuk ruangan tertentu saja dan kita dapat mematikan sinyal diruangan yang kita tidak inginkan. Ini tentunya juga meningkatkan keamanan secara fisik, memastikan tetangga atau orang yang tidak bertanggung jawab tidak dapat mengakses jaringan internet kita.

Tahap selanjut yang akan dilakukan oleh tim peneliti adalah mencari cara bagaimana mendesain reflektor yang terbuat dari material yang berbeda dari plastik yang digunakan pada printer 3D.

Idenya adalah untuk membuat sebuah objek yang bisa benar – benar merubah bentuk apabila bentuk ruangan berubah. Tentunya ini tidak akan memperluas jangkauan area dari router, tetapi ini akan memastikan kita mendapatkan sinyal yang kuat di area yang kita memang perlukan.(hh)

Sumber