Ketua Umum MASTEL : Uji Coba TV Digital Merupakan Movement Penting

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) kemaren, Kamis, 23 Juni 2016, menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dan Diskusi tentang “Prospek Percepatan TV Digitalization”, di Ruang 001 lantai 25 Kantor Pusat PT Indosat Tbk, Jl Medan Merdeka No.21, Jakarta Pusat.

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan silaturahim di antara keluarga besar MASTEL dan mitra, juga untuk mengupdate perkembangan Digitalisasi TV di Indonesia dan prospek percepatannya.

Diharapkan dari diskusi tersebut sampai kepada prospek percepatan TV digital, dimana ini merupakan isu yang ditunggu oleh masyarakat luas. Masyarakat saat ini sudah ingin merasakan kualitas layanan TV yang lebih baik, banyak pilihannya dan lebih beragam. Selain itu kita ingin mengetahui bagaimana masa depannya nanti, karena industri broadcasting ini adalah industri yang selalu bergerak.

Ketua Umum MASTEL, Kristiono mengungkapkan,”Bahkan ada event organizer internasional yang ingin menyelenggarakan acara mengenai broadcasting, yang artinya industri broadcasting ini masih sangat menarik untuk diangkat sebagai topik.”

“Topik diskusi hari ini sangat menarik karena uji coba TV digital akan dilaksanakan, dimana hal tersebut menjadi sebuah “movement” yang penting”, kata Kristiono dalam sambutan pembukaannya.

Gerryantika Kurnia, Plt Dirjen PPI Kemkominfo, pada sambutannya mengatakan,“Pemerintah pada intinya tidak ada masalah ayo sama-sama kalau mau menjalankan hal ini tapi tentunya harus ada kesepakatan bersama.”

Gerry juga menyampaikan bahwa dia menyabut baik acara yang diselenggarakan oleh MASTEL, mudah-mudahan melalui acara ini dapat menghasilkan sebuah kesimpulan ataupun kesepakatan. Karena kalau kita sudah bisa mendapatkan target-targetnya, kita tinggal menentukan tahapan-tahapannya saja.

Sebagai bahan diskusi Hardijanto Suroso, TV Broadcaster Expert, selaku moderator, menyampaikan presentasi yang memberikan gambaran mengenai perkembangan teknologi TV digital dan bisnis model yang bisa di aplikasikan. Serta menjelaskan juga bagaimana infrastruktur yang ada bisa digunakan bersama oleh layanan telekomunikasi dan broadcast.

Para pembicara yang hadir sebagai narasumber untuk diskusi antara lain, Ishadi Ishak, Dirut TransTV, Syafril Nasution, Corporate Secretary MNC Group, Neil R Tobing, Sekjen Asosiasi Televisi Swasta Indonesia, Lilik Rustansy dari DPA Mastel.

Pada kesempatan itu para pembicara memberikan masukan baik dari sisi perundangan dan peraturan, permasalahan dan kendala teknis, yang pada intinya meminta agar pemerintah membantu dan mendukung para penyedia layanan broadcaster di tanah air, karena mereka adalah murni produk anak bangsa.