Umur Minimum Pengguna WhatsApp 16 Tahun

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

WhatsApp menaikkan usia minimum untuk dapat menggunakan aplikasinya menjadi 16 tahun dari sebelumnya 13 tahun untuk para pengguna di Eropa. Hal dilakukannya sebelum undang-undang privasi data yang baru diberlakukan bulan depan.

Aplikasi pesan singkat yang dimiliki oleh Facebook tersebut telah memiliki 1,5 miliar pengguna aktif. WhatsApp akan mulai menanyakan apakah penggunanya di Eropa telah berusia di atas 16 tahun dalam bentuk persyaratan layanan dan kebijakan privasi yang baru dalam beberapa minggu ke depan.

Adanya perubahan peraturan dilakukan sebelum Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) diresmikan pada tanggal 25 Mei. Reuters menambahkan bahwa masih belum jelas bagaimana pemeriksaan batas usia akan dilakukan.

Di seluruh dunia, saat ini usia minimum untuk menggunakan WhatsApp tetap di usia 13 tahun, sama halnya untuk Facebook.

Di dalam blognya, WhatsApp mengatakan hal tersebut tidak akan meminta hak baru, tetapi hanya untuk menjelaskan bagaimana menggunakan data yang sudah ada.

“Kami tidak meminta hak akses baru untuk mengumpulkan informasi data pribadi melalui pembaruan ini,” tulis WhatsApp di Blognya.

“Tujuan kami hanyalah untuk menjelaskan bagaimana kami menggunakan dan melindungi informasi terbatas yang kami miliki tentang pengguna,” lanjutnya.

Perusahaan layanan media sosial itu juga menambahkan bahwa saat ini mereka tidak mengumpulkan informasi untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna di Facebook, tetapi hanya ingin bekerja lebih dekat dengan perusahaan Facebook lainnya di masa depan dan kami juga akan terus memberikan informasi kepada para pengguna ketika kami mengembangkan rencana kami.

Disisi lain, WhatsApp telah menjadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir setelah perusahaan induknya Facebook mengalami pelanggaran privasi data. Ketika perusahaan riset pemasaran Cambridge Analytica diduga telah mengambil 87 juta data akun Facebook.

Tekanan lain juga data karena WhatsApp memiliki enkripsi pada aplikasinya, sehingga tidak ada yang dapat membaca pesan para penggunanya.

WhatsApp juga mengatakan bahwa dalam minggu-minggu mendatang, pengguna akan dapat mengunduh dan melihat “data terbatas” yang dikumpulkan oleh WhatsApp. Fitur ini akan diluncurkan ke semua penggunanya dengan versi terbaru aplikasi.(hh)

Sumber