Video Blog Jurusan Baru di Sekolah Menengah Kejuruan

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan perlu adanya jurusan baru di SMK yang dapat menghasilkan skill yang dapat meningkatkan daya saing lulusan SMK. Jurusan yang dianjuran salah satunya jurusan video blog atau istilah trennya vlog. Hal tersebut diutarakannya dalam pembukaan Koferensi Forum Rektor Indonesia, Kamis (2/2/2017), di JCC, Senayan.

Seperti dilansir dari Kompas Tekno, pada kesempatan itu Jokowi juga mengungkapkan dari sebanyak 82 persen Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja diluar negeri sebagai Asisten Rumah Tangga(ART) adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Kalau di SMK saya lihat jurusannya sejak saya kecil sampai sekarang mesti jurusan mesin, bangunan, listrik, dan itu-itu saja. Padahal dunia berubah cepat sekali. Mestinya ada jurusan mengenai jaringan IT, membuat video blog, aplikasi, animasi, yang sedang in,” ujar Jokowi seperti dikutip dari Kompas Tekno.

Apalagi saat ini faktor-faktor pendukung untuk membuat sebuah vlog telah banyak tersedia. Baik itu perangkat untuk membuat vlog ataupun koneksi internet untuk mengupload hasil vlog.

Sekarang sudah banyak vendor smartphone yang menjual berbagai model smartphone yang telah mendukung untuk keperluan video blogging. Misalnya aja ada beberapa smartphone yang telah memiliki dukungan sensor bermegapixel untuk kamera depannya dan memiliki fitur teknologi stabilizer yang mampu menghindari guncangan ketika sedang membuat video.

Untuk koneksi internet pun telah banyak pilihan yang dapat digunakan, apalagi infrastruktur jaringan internet saat ini jauh lebih baik. Ini tentunya akan membantu para netizen ketika mencari tayangan video melalui smartphone dimana saja dan kapan saja.

Sementara untuk platform telah tersedia YouTube, dimana netizen dapat membagikan video hasil buatannya dan bisa mengaktifkan monetisasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi kalau bisa menghasilkan video yang viral dan menjadi terkenal, tentunya akan membuat para pengiklan memanfaatkan ketenarannya untuk memasarkan produk.

Jurusan lain yang mungkin bisa disediakan yaitu jurusan retail untuk toko online, sehingga ini bisa mendukung tren global saat ini. Selain jurusan aplikasi dan animasi yang juga merupakan jurusan yang dapat menunjung perkembangan di era digital saat ini.

“Kalau ada jurusan online store kita bisa mendidik anak-anak kita untuk membangun sebuah platform. Bagaimana Alibaba bisa membangun sebuah logistic platform dan retail platform yg sangat besar sekali dengan ratusan juta pengunjung seperti itu,” jelasnya.(hh)