Virus Computer Serang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Virus ditemukan di komputer-komputer kantor dan pada sistim yang digunakan untuk mengatur aliran minyak penggerak mesin pembangkit listrik nuklir.

RWE perusahaan penyedia listrik mengatakan bahwa infeksi dari virus itu tidak membahayakan pembangkit tenaga listrik, karena sistem kontrol tidak terhubung ke internet jadi virus tidak dapat mengaktifkan dirinya.

Tim penyelidik federal Jerman tengah melakukan analisa bagaimana pembangkit tenaga listrik Gundremmingen bisa terinfeksi oleh virus.

Virus-virus ditemukan pada sistem yang mengatur aliran minyak pada mesin penggerak dan di 18 buah flashdisk yang digunakan sebagai tempat penyimpanan pada komputer-komputer yang ada di kantor pembangkit tenaga listrik tersebut.

Seorang pegawai menemukan virus-virus itu ketika hendak melakukan upgrade pada sistem kontrol komputer yang ada di Blok B, dimana saat itu memang tidak berfungsi karena ada jadwal perawatan rutin.

Sekarang lebih dari 1.000 komputer telah diperiksa apakah terinfeksi dan dibersihkan, humas dari pihak RWE mengatakan pada surat kabar Die Zeit. Pembangkit tenaga listik tersebut juga telah meningkatkan kontrol keamanannya.

Beruntungnya tidak ada sistem yang langsung berhubungan dengan kontrol reaktor nuklir yang terkena virus, menurut keterangan dari pihak RWE. Serta tidak ada bahaya yang timbul pada masyarakat luas akibat infeksi virus tersebut.

Dari virus-virus yang ditemukan ada dua virus yang cukup dikenal namanya, yaitu W32.Ramnit dan Conficker.

Ramnit muncul pada tahun 2010 dan merupakan sebuah virus yang memiliki kemampuan dapat dikontrol dari jarak jauh oleh penciptanya untuk mencuri data-data. Sementara Conficker ditemukan pada tahun 2008 dan diciptakan untuk mengambil nama user untuk login serta data – data keuangan.

Oleh karena sistem yang terinfeksi oleh virus tersebut tidak terkoneksi langsung ke internet maka kedua virus itu tidak dapat aktifkan, melakukan update dan mencuri data.

Mikko Hypponen, Kepala Peneliti dari F-Secure mengatakan pembangkit tenaga listrik dan beberapa bagian terpenting dari infrastruktur dari sebuah negara terkadang terinfeksi oleh virus, namun tidak menimbulkan dampak yang berarti.

Gundremmingen terletak sekitar 120km (75) barat laut dari Munich dan salah satu pembangkit tenaga listrik yang memberikan pasokan listrik terbesar.