WhatsApp Mulai Bagikan Data Penggunanya Dengan Facebook

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Seperti di lansir dari Tekno Kompas, WhatsApp saat ini akan menginformasikan data-data penggunanya ke Facebook. Namun, itupun apabila pengguna mengijinkannya. Data – data yang dimaksud disini ialah nomer telepon serta perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Seandainya Anda merasa tidak senang atas keputusan dari kedua perusahaan itu, maka Anda bisa menolak untuk tidak memberikan data-data Anda. Laporan ini dikutip oleh Tekno Kompas dari TheVerge.

Pada saat Anda menerima informasi dari WhatsApp mengenai kebijakan mengenai hal tersebut, ada baiknya tidak langsung menekan tombol “Agree”. Anda bisa memilih pilihan lain yaitu “Read more about the key…”. Memang ukurannya dibuat lebih kecil dan terletak tepat dibawah tombol “Agree” tersebut.

Sesudah kita memilih tombol membaca lebih lanjut tersebut, Anda dapat menghilangkan tanda check pada bagian berjudul “Share my WhatsApp account information with Facebook”. Itu akan menghadirkan pilihan lain agar WhatsApp tidak memberikan data-data Anda kepada Facebook.

Apabila Anda telah menekan tombol “Agree” jangan khawatir karena ada cara lain untuk mencegah hal tersebut. Caranya mudah, Anda masuk ke dalam menu penyetelan aplikasi, kemudian pilih menu akun, ini bisa ditemukan pada menu “Setting | Account”. Lalu hilangkan tanda check pada opsi “ Share my account info”.

Untuk cara yang kedua itu hanya berlaku selama 30 hari sejak Facebook menginformasikan adanya ketentuan privacy yang baru tersebut di WhatsApp.

Bukan berarti dengan penolakan ini pengguna tidak akan menerima iklan di WhatsApp. Pengguna akan mendapatkan pesan iklan yang dikirimkan secara broadcast.

WhatsApp menyampaikan bahwa hal tersebut dilakukan demi kenyamanan pengguna. Menurut WhatsApp itu dilakukan agar dapat menolong pengguna WhatsApp bertemu dengan teman mereka di Facebook serta iklan yang didapatkan cocok dengan minat pengguna.

Baik WhatsApp serta Facebook memberikan jaminannya bahwa data pengguna yang ada pada mereka tidak akan dibagikan atau dijual kepada pihak lain.