WhatsApp Tambahkan Fitur Video Streming dan Dukungan Untuk File GIF

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Setelah sebelumnya dirilis dalam versi beta, akhirnya WhatsApp secara resmi menambahkan dua fitur terbarunya yang tersedia pada pembaruan aplikasinya. Seperti dilansir dari Digital Trend, Jumat (9/12/2016). Dua fitur tersebut adalah video streaming dan dukungan untuk file animasi GIF.

Dengan adanya fitur video streming ini, maka kita akan dapat menonton video sementara filenya sedang diunduh. Versi beta untuk fitur ini telah diuji coba di beberapa negara. Hanya selang beberapa minggu sekarang fitur ini sudah tersedia bagi seluruh pengguna WhatsApp.

Masalah mengenai cara WhatsApp menangani video memang merupakan salah satu isu yang sering dibicarakan. Dengan adanya fitur baru ini, diharapkan bisa membantu para pengguna WhatsApp lebih nyaman dalam menonton tayangan video.

Pada fitur streaming ini ada dua cara yang bisa kita gunakan. Kita bisa aktifkan unduh otomatis untuk setiap file media yang kita dapatkan atau kita dapat menonton video tersebut sebelum diunduh. Kalau kita memilih mengunduh video tersebut, maka akan terlihat indikator proses pengunduhan. Namun, apabila kita memilih untuk menontonnya sebelum diunduh, maka kita akan melihat indikator durasi waktu dari video yang kita tonton.

Sebenarnya kita juga tidak perlu mengaktifkan penyetelan otomatis untuk mendownload filenya, karena kita akan bisa melihat tombol play dan ini memungkinkan kita untuk menayangkan video tersebut, tanpa kita mengunduhnya ke ponsel kita. Seandainya kita ingin mengunduh videonya, cukup sentuh tombul unduh yang tersedia dipojok sebelah kiri bawah layar.

WhatsApp sendiri sangat lambat dalam melakukan penambahan-penambahan fitur-fitur baru pada aplikasinya. Namun, sedikit demi sedikit kita bisa lihat mereka mulai lakukan pembaruan. Misalnya saja pada bulan October lalu mereka telah menambahkan fitur video call. Dimana fitur ini telah dinanti-nanti oleh para penggunanya. Bahkan fitur ini sudah banyak tersedia diaplikasi pesan singkat lain seperti, Skype, Line dan Blackberry Messenger.

Disamping adanya penambahan fitur video streaming, pada pembaruan kali ini disertakan juga kemampuan WhatsApp untuk menampilkan file animasi GIF. Ini artinya kita akan dapat mengirimkan file GIF melalui WhatsApp, bahkan kita pun dapat menyunting file GIF tersebut sebelum kita mengirimkannya. WhatsApp juga telah menyediakan folder khusus dimana kita akan dapat menyimpan file-file GIF yang menjadi favorit kita.(hh)