Yuk Belajar Gratis Tentang Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Teknologi pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan merupakan topik yang saat ini paling banyak dibahas di dunia. Oleh karena itu Google ingin membuat bidang teknologi tersebut lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang dengan menyediakan situs baru bernama belajar dengan Google AI (Learn with Google AI).

Akhir – akhir ini Google memang telah focus pada pendidikan kecerdasan buatan. Baik itu dengan proyek seperti TensorFlow atau dengan proyek yang lebih sederhana dan menyenangkan seperti cat doodles dan juga melalui eksperimen untuk memperlihatkan pembelajaran mesin yang dimaksudkan dengan memperlihatkan proyek AI, karena cara ini lebih praktis.

Google menginginkan situs Learn with Google AI nanti akan berfungsi sebagai repositori untuk pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Sehingga menjadikannya sebagai pusat bagi siapa saja yang ingin belajar mengenai konsep inti dari pembelajaran mesin sembari mengembangkan dan mengasah ketrampilan pembelajaran mesin dan menerapkannya ke dunia nyata. Situs ini juga akan memenuhi semua kebutuhan para penggemar kecerdasan buatan dari berbagai latar belakang dan tingkat pendidikan, dari periset yang mencari tutorial tingkat lanjut hingga para pemula.

Situs ini juga dilengkapi dengan kursus gratis bernama Machine Learning Crash Course (MLCC). Kursus ini didasarkan pada kursus internal Google yang pada awalnya dirancang untuk membantu memberikan pengenalan praktis tentang dasar-dasar mengenai kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin pada karyawan Google. Dimana saat ini telah ada 18.000 karyawan yang sudah terdaftar.

Sekarang, Google membuat MLCC tersedia untuk semua orang melalui situs web Learn with Google AI. Metode kursus nanti adalah dengan memberikan latihan, visualisasi interaktif, dan video instruksional untuk membantu mengajarkan konsep pembelajaran mesin.

Lamanya kursus ini kira-kira 15 jam, melalui pelajaran interaktif dengan pengajar yang merupakan periset dari Google dan ada lebih dari 40 latihan disertakan pada kursus ini. Kursus ini benar – benar dirancang untuk pendatang baru yang tidak sama sekali memiliki pengalaman mengenai pembelajaran mesin.

Walaupun ada rekomendasi dari Google bahwa pengambil kursus harus memiliki penguasaan aljabar tingkat intro dan beberapa keahlian dalam dasar-dasar pemrograman dan Python. Namun, tentunya ini tidak menghalangi para penggemar kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mendaftarkan diri guna mengikuti kursus tersebut. MLCC juga merupakan hal pertama yang dilakukan Google. Nantinya Google akan menyediakan lebih banyak kursus gratis dan sumber daya melalui situs baru tersebut serta lebih banyak fitur dan layanan.(hh)

Sumber