Yuk! Lihat Kantor Google di Tahun 1998

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini, Google adalah raksasa teknologi yang bernilai 800 miliar dolar dan memiliki 90.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. Namun, 20 tahun yang lalu, Google hanya perusahaan internet yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, yang beroperasi dari sebuah garasi.

Dalam rangka 20 berdirinya perusahaan teknologi raksasa ini, kita dapat melihat bagaimana rasanya Larry Page dan Sergey Brin bekerja di sebuah garasi yang penuh sesak pada tahun 1998, melalui sebuah tur virtual baru yang saja diposting oleh Google.

Kini siapa saja dapat melakukan tur virtual kantor pertama Google melalui gambar 360 derajat dari Google Maps. Gambar-gambar tersebut berjudul “Susan’s Garage,” referensi untuk Susan Wojcicki, yang menyewakan garasi rumahnya di Menlo Park ke teman-temannya yaitu Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka menjadi mahasis untuk meraih gelar Ph.D. di Stanford dan juga ingin menjalankan perusahaan baru mereka.

Kantor Google di garasi kecil tersedia di street-view didalamnya akan dapat dilihat bangku kerja kayu dan komputer desktop berusia 20 tahun yang menampilkan gambar versi beta dari logo dan homepage asli Google. Ada juga banyak kotak kardus yang ditumpuk, kabel terbuka, saluran pemanas, mesin cuci dan pengering, dan botol bir.

Pengunjung internet bahkan dapat menjelajahi kamar lain di dalam rumah Wojcicki itu, di mana kita akan dapat melihat lebih banyak komputer desktop tua, baju kaos jersey hoki dengan nama Brin di bagian belakang, dan papan tulis berteknologi rendah yang jelas menampilkan tulisan “Markas Besar Google untuk Seluruh Dunia.”

Pada akhirnya Wojcicki kemudian menjadi karyawan Google yang ke-18 dan sekarang telah menjadi CEO YouTube milik Google. Pada 2015, dia mengatakan pernah menagih Larry Page dan Sergey Brin 1.700 dolar per bulannya untuk menyewa ruang di garasinya. Wojcicki, yang bekerja di departemen pemasaran di Intel pada saat itu memerlukan bantuan dengan menyewakan rumah dengan empat kamar tidur yang dimilikinya.

Larry Page dan Sergey Brin mulai pindah ke garasi pada bulan September 1998, sebulan setelah mereka menerima investasi sebesar 100,000 dolar dari pendiri Sun Microsystems Andy Bechtolsheim. Setelah itu, Google banyak menerima investasi, termasuk dari pendiri Amazon Jeff Bezos, yang bertemu dengan pasangan tersebut melalui seorang karyawan di Amazon dan akhirnya ia menginvestasikan dana sebesar 1 juta dolar dan kini nilainya telah hampir mencapai 4 miliar, berdasarkan harga saham Google saat ini.

Barulah pada bulan Maret 1999, Larry Page dan Sergey Brin memindahkan kantor Google ke\ Palo Alto. Pada tahun itu, Google melaporkan 220.000 dolar pendapatan tahunan. Angka yang terus tumbuh yang mencapai 1 miliar dolar pada tahun 2003.

Pada tahun yang sama, Google juga menyewa sebuah kompleks perkantoran di Mountain View, California, yang sekarang menjadi lokasi “Googleplex,” perusahaan yang memiliki markas seluas 600 meter persegi itu mampu menampung lebih dari 20.000 karyawan. Larry Page sekarang adalah CEO dari perusahaan induk Google, Alphabet, sementara Sergey Brin adalah presidennya.(hh)

Sumber