Facebook Segera Buka Akses Root ke Oculus Go

logo huawei

John Carmack, programmer legendaris dan pemain ternama dalam kisah genesis Oculus Rift, baru-baru ini mengumumkan bahwa dia memenangkan secara legal yang membuat Facebook akhirnya merilis akses root ke Oculus Go, headset VR mandiri 3DOF yang diluncurkan pada tahun 2018.

Carmack mengatakan dalam tweet baru-baru ini bahwa pengguna dapat mengharapkan untuk mendapatkan akses root segera, karena akan tersedia melalui OS yang tidak terkunci untuk headset Oculus Go yang dapat dimuat di sisi samping. Oculus Go adalah headset 3DOF terakhir perusahaan sebelum beralih ke platform Oculus Quest pada 2019, yang menawarkan pergerakan skala kamar penuh dalam paket mandiri yang serupa.

Menurut roadtovr.com, Ia menyediakan akses root akan memungkinkan pengguna Oculus Go untuk mengendalikan kernel headset, yang secara teknis akan memungkinkan sejumlah hal seperti overclocking (dan underclocking) CPU dan GPU-nya, dan sepenuhnya mencadangkan, memulihkan, atau aplikasi pengeditan batch.

Intinya, ini adalah cara untuk memastikan perangkat keras berguna selama bertahun-tahun yang akan datang meskipun secara teknis telah dilampaui, kata Carmack.

“Ini membuka kemampuan untuk menggunakan kembali perangkat keras untuk lebih banyak hal hari ini, dan berarti bahwa headset yang terbungkus telah ditemukan secara acak dua puluh tahun dari sekarang. Hal ini dapat diperbarui ke versi perangkat lunak final, lama setelah server dimatikan akhirnya pembaruan over-the-air telah tersedia,” lanjutnya.

Ketika ditanya tentang pemikirannya untuk membuka beberapa Oculus Quest di beberapa titik di masa depan.

“Saya harap ini adalah preseden ketika headset tidak didukung di masa depan, tetapi sial, mendapatkan semua izin yang diperlukan untuk ini melibatkan lebih banyak upaya yang Anda harapkan,” jelasnya.

Mendorong otorisasi untuk akhirnya membuka Go tampaknya bukan masalah dengan waktu legal Facebook, kata Carmack.

“Hukum tidak bermasalah, pengacara FB secara mengejutkan dengan keren tentang banyak upaya yang mungkin Anda harapkan akan ditolak,” lanjutnya.

Begitu banyak yang mungkin tidak benar dengan perangkat keras Quest, karena platform kemungkinan akan segera melanjutkan dengan apa yang bisa menjadi dugaan peluncuran Oculus Quest Pro, mereka menyarankan kelanjutan mundurnya kompatibilitas dengan perangkat lunak Quest, dan peningkatan umur perangkat. OS berbasis Android yang unik dari headset.

Perjuangan untuk membuka Oculus Quest telah melihat kontroversinya sendiri sejak peluncuran headset Quest 2 pada tahun 2020. Pengenalan login Facebook paksa untuk semua perangkat Oculus bergerak maju dan telah menciptakan insentif tambahan bagi tim jailbreaking untuk mencoba membuka kunci VR andalan perusahaan headset.

Sebuah tim jailbreaking Quest 2 yang terkenal mengklaim keberhasilan hanya beberapa bulan setelah peluncuran, dan kemudian secara terbuka di diskreditkan oleh seorang yang diduga sebagai konspirator. Masih belum jelas apa yang terjadi dengan jailbreaks, dan hal itu belum terwujud.

%d bloggers like this: