Cara Hentikan Situs Yang Menggunakan Komputer Untuk Menambang Mata Uang Kripto

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Hentikan Situs Yang Menggunakan Komputer Untuk Menambang Mata Uang Kripto

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22714
    Admin
    Keymaster

    Menambang mata uang kripto bisa jadi merupakan cara yang bagus untuk memperoleh pendapatan tambahan dan mungkin bisa juga akan memiliki nilai lebih tinggi di masa depan. Nah, sekarang banyak situs yang memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan alternative.

    Misalnya saja seperti situs bernama Salon.com. Situs ini memberikan pengunjungnya pilihan untuk menghilangkan iklan dan sebagai gantinya pengunjung dapat membiarkan situs tersebut menggunakan CPU-nya untuk menambang mata uang kripto Monero. Minero merupakan mata uang kripto yang lebih mudah untuk ditambang ketimbang Bitcoin dan saat ini memiliki pangsa pasar sebesar 4,6 miliar dolar. Dan biasanya di mana ada cara untuk mendapatkan uang yang sah, pasti ada juga yang menggunakan cara yang ilegal.

    Perusahaan perangkat lunak anti-malware Malwarebytes dan perusahaan keamanan TI ESET telah sama-sama memperingatkan adanya penggunaan file JavaScript untuk menggunakan menggunakan CPU pengunjung untuk menambang mata uang kripto tanpa sepengetahuan mereka.

    Penyusupan file JavaScript tersebut bisa datang dalam bentuk perangkat lunak berbahaya yang diinstal pada komputer pengguna. File JavaScript yang tidak terdeteksi itu akan berjalan di latar belakang atau pada sebuah jendela kecil yang muncul dapat terus menambang koin bahkan setelah browser ditutup.

    Apabila kita tidak tahu bagaimana menentukan apakah komputer digunakan untuk menambang koin tanpa sepengetahuan kita, maka pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Berikut adalah empat cara untuk menghentikan komputer yang kita gunakan dari penambangan mata uang kripto tanpa ijin.

    Haruskah kita memblokir penambangan mata uang kripto?

    Apakah kita harus mengizinkan sebuah situs menggunakan komputer untuk menambang mata uang kripto, tentunya ini sepenuhnya kembali kepada masing – masing pengguna komputer? Dalam kebanyakan kasus, meman sama sekali tidak berbahaya. Tapi masalahnya adalah dari sisi etika, jadi bagi perusahaan untuk menggunakan komputer seseorang tentunya diperlukan sebuah ijin.

    Ketika sebuah situs diawalnya telah mengutarakan mengenai adanya penambangan mata uang kripto, maka tentu tidak ada salahnya mengizinkannya memanfaatkan kinerja komputasi, karena itu akan membantu mendukung konten atau layanan yang mereka sediakan. Ini adalah trade-off yang hebat jika kita memang tidak menyukai disodori dengan berbagai iklan.

    Memang ada juga yang mengatakan bahwa dengan adanya penambangan itu dapat mempengaruhi kinerja serta daya tahan baterai komputer . Selain itu, akan sedikit meningkatkan tagihan listrik. Namun, selama pemilik komputer mengerti mengenai hal ini dan memberikan persetujuan, maka seharusnya tidak ada masalah. Tetapi apabila sebuah situs memutuskan untuk melakukannya tanpa sepengetahuan pemilik computer, maka ini tentunya akan menjadi masalah.

    Cara menghentikan situs melakukan penambangan dengan menggunakan CPU yang kita miliki.

    Disini kita asumsikan di komputer tidak ada program penambangan koin berbahaya yang terpasang, ada beberapa cara untuk memblokir penambangan koin saat Anda menjelajah.

    Nonaktifkan JavaScript untuk situs – situs tertentu

    Jika Anda mencurigai sebuah situs menggunakan komputer Anda untuk menambang mata uang kripto tanpa seizin kita, maka kita cukup memblokir JavaScript-nya saja.

    Masalahny ini merupaka cara yang sangat agresif untuk memblokir penambangan mata uang kripto, tetapi dengan menonaktifkan JavaScript banyak situs tidak dapat bekerja. Misalnya saja seperti Facebook, situs ini tidak dapat berfungsi tanpa adanya JavaScript.

    Menggunakan aplikasi pemblokir penambang mata uang kripto

    Jika tidak ingin menggunakan pemblokir iklan atau hanya ingin memblokir penambangan mata kripto secara khusus, berikut tersedia beberapa ekstensi yang dapat kita gunakan di browser yang popular.

    • No Coin (Chrome, Firefox, Opera)
    • minerBlock (Chrome, Firefox, Opera)
    • Anti Miner (Chrome)
    • Coin-Hive Blocker (Chrome)

    Ekstensi ini bekerja dengan menggunakan daftar domain yang telah dikeatahui menggunakan penambangan mata uang kripto dan skrip penambangan yang diketahui. Esktensi ini juga diperbarui secara teratur dan merupakan salah satu pendekatan hands-off terbaik untuk memblokir penambangan. Di sisi lain, jika kita ingin mendukung situs dengan mengizinkannya menambang mata uang kripto, maka kita dapat memasukkannya ke daftar putih.

    Menggunakan perangkat lunak anti-malware

    Sementara belum semua browser dapat menyesuaikan diri untuk menghalangi penambangan mata uang kripto. Beberapa perangkat lunak anti-malware seperti misalnya Malwarebytes telah menawarkan sistem pemblokiran penambangan mata uang kripto bagi para pelanggan premiumnya.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.