Cara Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Linux

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Linux

Tagged: 

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 11 months, 1 week ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22564

    Admin
    Keymaster

    Kita sekarang dapat dengan mudah membuat bootable flashdisk menggunakan Linux. Kita hanya memerlukan beberapa aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk membantu membuat bootable flashdisk dengan Linux.

    Dalam tulisan kali ini, kami akan menjelaskan dua cara untuk membuat bootable flashdisk dengan Linux. Pertama kita akan menggunakan aplikasi gratis bernama LinuxLive USB dan yang kedua Rufus USB Installer. Kedua aplikasi ini dapat kita jalankan pada Windows.

    Menggunakan LinuxLive USB.

    1. Pertama kita perlu mengunduh aplikasi versi terbaru dari LinuxLive USB Creator pada situs resmi (http://www.linuxliveusb.com/en/download) mereka. Setelah itu kita pasang dan jalankan pada komputer.

    2. Buka aplikasi Linux Live di Windows, pilih flashdisk yang hendak kita gunakan.

    3. Selanjutnya kita diminta untuk memilih file ISO dan mencari file ISO dari Linux yang ingin kita gunakan sebagai sistem bootable pada flashdisk.

    4. Langkah selanjutanya, periksa dan format flashdisk menggunakan FAT32.

    5. Kita akan dapat melihat icon dengan gambar petir/halilintar, klik icon tersebut untuk memulai proses pembuatan bootable flashdisk menggunakan Linux.

    Proses ini akan memakan waktu sekitar lima menit, setelah itu bootable flashdisk siap untuk digunakan. Kita dapat menggunakan distro Linux seperti Ubuntu, Backtrack, Kali OS, Tails dan lain – lain.

    Menggunakan Rufus USB Installer

    Rufus adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat bootable flashdisk.

    1.Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memasang dan menjalankan Rufus, selanjutnya kita memilih flashdisk dari pilihan menu perangkat (Device).

    2. Selanjutnya kita perlu mengklik icon CD Rom yang berada di sebelah menu “FreeDOS”. Selanjutnya kita juga perlu memilih ISO file dan klik pada “Open” dan selanjutnya klik “Start”.

    3. Kemudian kita akan mendapat pertanyaan untuk mengunduh aplikasi Syslinux, cukup klik “Yes” untuk melanjutkan.

    4. Kita juga akan diminta untuk mengklik “OK” untuk memulai proses penulisan di mode ISO Image.

    5. Disusul setelah itu sebuah pertanyaan lagi untuk melakukan konfirmasi terhadap proses yang sudah kita lakukan, cukup klik pada tombol “OK” untuk melanjutkannya.

    6. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, setelah itu bootable flashdisk siap untuk digunakan.

    Itulah beberapa cara yang cukup mudah untuk membuat bootable flashdisk dengan Linux. Semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan wawasan dan sebuah solusi bagi yang tengah membutuhkannya.

    • This topic was modified 11 months, 1 week ago by  Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.