Cara Membuat Grafik Secara Online

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Membuat Grafik Secara Online

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 4 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23812

    Admin
    Keymaster

    Terkadang kita hanya perlu membuat grafik yang tampak bagus, tetapi tidak ingin terjebak dalam aplikasi spreadsheet yang rumit. Berikut ini beberapa situs gratis yang menyediakan layanan pembuatan grafik secara online.

    Pusat Nasional untuk Pendidikan dan Statistik (The National Center for Education and Statistics) memiliki aplikasi bernama “Create A Graph”. Aplikasi ini ditujukan untuk membantu pemula memulai pembuatan grafik dan bagan. Aplikasi ini berguna untuk pemula segala usia, dan cukup bagus untuk membuat grafik dengan cepat. Disamping itu layanan ini gratisdan tidak memerlukan akun pengguna untuk menggunakannya.

    Yang perlu kita lakukan adalah memilih desain, dan mengatur beberapa opsi untuk gaya desainnya.

    Berikan data-data untuk grafik, seperti judul dan labelnya, termasuk data yang akan digunakan untuk membuat grafik.

    Berikan informasi mengenai untuk label-labelnya dan tentukan jenis font yang ingin digunakan.

    Lakukan peninjauan untuk grafik untuk memastikan tidak ada yang perlu dirubah lagi.

    Selanjutnya kita dapat mencetak atau mengirim melalui grafik yang telah kita buat.

    Tidak banyak pilihan pada layanan ini, dan tampilan grafik pun sekedar dasar saja. Jadi layanan ini hanya sekedar aplikasi sederhana apabila kita memerlukan sesuatu yang cepat untuk membuat grafik sederhana.

    Beberapa Alternatif Pembuatan Grafik Online

    OnlineChartTool: Dengan Menggunggah File CSV

    Online Chart Tool adalah situs desain grafik gratis lain yang dapat kita gunakan tanpa harus mendaftar. Situs ini memiliki fitur 12 jenis grafik yang berbeda dan antarmuka yang disederhanakan, sehingga membuat dan mengedit tampilan, format, dan data menjadi mudah. Yang membedakannya adalah kita dapat menggunggah file CSV untuk menggunakannya sebagai data pada grafik.

    Charteca: Clean Interface and Lots of Public Samples

    Charteca (char – teh ’- kah) menawarkan beberapa opsi untuk membuat grafik dari dua jenis layanan sebelumnya. Layanan ini juga dapat membantu membuat grafik lebih cantik dengan menambahkan beberapa opsi shading, 3D, dan bahkan gerakan. Selain itu tersedia beberapa cara berbeda untuk menampilkan legenda dan label. Tampilann antarmukanya tidak begitu intuitif jauh lebih sederhana, tetapi juga tidak terlalu sulit untuk mencari tahu apa yang terjadi jika kita sudah memiliki pengalaman membuat grafik.

    Plotly: For Experienced Chart Makers

    Plotly adalah untuk pengguna tingkat lanjut. Layanan ini menawarkan lebih banyak style grafik dan bahkan beberapa alat visualisasi data tingkat lanjut. Karena ditujukan untuk orang-orang yang sudah nyaman membuat grafik, tidak banyak panduan yang tersedia. Mereka menganggap pengguna sudah tahu apa yang mereka lakukan.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.