Cara Memeriksa Apakah Data Kita Diakses Pada Kasus Peretasan Facebook

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Memeriksa Apakah Data Kita Diakses Pada Kasus Peretasan Facebook

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 weeks, 6 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #24481

    Admin
    Keymaster

    Facebook telah menjelaskan dengan detail mengenai jenis informasi apa yang diakses selama adanya kasus peretasan dengan skala besar pada bulan September. Termasuk data yang diakses adalah nama pengguna dan info kontak, dan juga detail pribadi seperti agama, lokasi, dan masih banyak lagi.

    Sekitara 29 juta akun pengguna berhasil diakses oleh peretas, dan sekarang Facebook menawarkan cara untuk melihat apakah akun kita diretas serta informasi apa saja yang dilihat. Apabila kita mengunjungi Pusat Bantuan Facebook, maka ada pemberitahuan di bagian bawah yang akan menjelaskan apakah akun kita terkena dampaknya. Jika ya, itu akan memberitahukan kita informasi apa saja yang diambil.

    Jadi dari 29 juta pengguna, 15 juta akun nama, alamat email, dan nomor telepon mereka terpapar. Untuk 14 juta lainnya, selain info di atas, dilihat info profil tambahan, termasuk jenis kelamin, agama, lokasi, info perangkat, lokasi yang ditandai, dan halaman yang disukai. Satu juta pengguna lain memiliki akses ke akun mereka yang dicuri, tetapi tidak pernah mereka digunakan. Para peretas tidak memposting apa pun di profil pengguna, sejauh yang diketahui Facebook saat ini.

    Jika akun kita diakses, Facebook mengatakan bahwa kita tidak perlu melakukan apa pun untuk mengamankannya pada saat ini. Kata sandi tidak dicuri, jadi kita tidak perlu mengubah password yang kita miliki.

    Sebagai gantinya, peretas mengambil “token” akses akun yang memungkinkan mereka masuk. Facebook mereset token-token itu bulan lalu, itulah sebabnya mungkin kita menemukan diri kita keluar dari akun kita di akhir September.

    Guy Rosen, wakil presiden manajemen produk Facebook, mengatakan bahwa perusahaan belum melihat bukti dari data yang diakses sedang disebarkan atau digunakan. Untuk saat ini, tidak jelas apa tujuan pertasan tersebut.

    Sementara bagi pengguna ini merupakan sebuah fakta bahwa informasi mereka dapat diakses. Saat ini penyelidikan tengah berlangsung, dan sepertinya Facebook akan memiliki lebih banyak detail konkret untuk dibagikan nanti; perusahaan mengatakan FBI juga turut melakukan penyeledikan.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.