Cara Mengaktifkan Notifikasi di Windows Ketika Ada Aplikasi Menggunakan Webcam

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Mengaktifkan Notifikasi di Windows Ketika Ada Aplikasi Menggunakan Webcam

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 11 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22330

    Admin
    Keymaster

    Hampir semua komputer khususnya laptop sudah dilengkapi dengan Webcam. Webcam pada komputer merupakan opsi, sementara webcam pada laptop tidak dapat dihilangkan. Namun, selain memudahkan pengguna menggunakan webcam pada laptop, tentunya ini juga akan bisa dimanfaatkan oleh aplikasi jahat yang dapat menggunakan webcam yang terpasang pada laptop.

    Untuk itu perlu adanya semacam notifikasi yang memberitahukan kita ketika webcam digunakan oleh sebuah aplikasi. Ini akan membantu kita mencegah aplikasi jahat menggunakan webcam, karena kita dapat mengetahui adanya penggunaan webcam. Untunngnya kita sekarang dapat mengaktifkan notifikasi ketika ada aplikasi yang menggunakan webcam. Berikut ini cara untuk mengaktifkan notifikasi tersebut.

    1.Pertama kali yang perlu kita lakukan ialah memasang aplikasi bernama “Oversight”. Kita memerlukan aplikasi tambahan ini, karena di Windows tidak tersedia fitur notifikasi penggunaan webcam. Untuk itu, kita dapa mengunduh apliklasi tersebut pada link berikut ini dan memasangnya pada komputer, dilanjutkan dengan membuka situs Oversight untuk instruksi selanjutnya.

    2. Setelah kita berhasil mengaksus situs Oversight melalui komputer, masukkan password ketika diminta. Setelah itu kita bisa memasang aplikasi dengan mengklik opsi “Install”. Proses pemasangan aplikasi akan berjalan dan aplikasi akan langsung terbuka setelah proses pemasangan selesai.

    3. Oversight tidak akan berjalan langsung pada layar setiap saat, tetapi dapat dijalankan dengan adanya icon paying yang terdapat pada menu bar. Klik icon tersebut untuk memeriksa status dari webcam dan juga microphone. Selain dari dari icon yang tersedia, kita juga dapat mengatur penyetelan dari aplikasi.

    4. Sementara itu, aplikasi juga berjalan di belakang untuk memeriksa setiap aplikasi yang menggunakan webcam dan microphone. Untuk mencobanya kita dapat menjalankan sembarang aplikasi yang memang menggunakan layanan webcam dan microphone. Apabila muncul notifikasi, maka aplikasi bekerja dengan baik.

    5. Seperti sudah dijelaskan diatas, kita juga dapat memeriksa aplikasi apa saja yang menggunakan layanan webcam melalui status yang dapat kita jalankan melalui icon berbentuk paying dan juga kita dapat memblokir layanan yang menggunakan webcam. Sama halnya seperti pelacakan webcam, aplikasi ini juga melacak penggunaan microphone pada komputer dengan cara yang sama.

    Itulah cara bagaimana mengaktifkan notifikasi ketika ada aplikasi yang menggunakan layanan webcam pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi kita semua.

    • This topic was modified 11 months, 3 weeks ago by  Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.