Cara Mengamankan Keyboard dan Mouse Wireless dari Peretasan

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Mengamankan Keyboard dan Mouse Wireless dari Peretasan

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22599
    Admin
    Keymaster

    Mungkin kita semua sudah mengetahui bagaimana cara peretas untuk meretas koneksi internet, router Wi-Fi, sistem computer dan lain – lain untuk tujuan mengambil keuntungan melalui mengakses akun atau mencuri informasi dari seseorang. Semua ini kedengarannya memungkinkan, tapi apakah kita menyadari bahwa peretas juga dapat peretas keyboard dan mouse wireless untuk mengontrol sesuatu atau untuk tujuan membuka kode rahasia?

    Memang terdengar aneh, tapi kenyataannya dapat dilakukan oleh peretas untuk keperluan tertentu. Jadi, apabila saat ini anda menggunakan mouse dan keyboar wireless pada komputer atau laptop dan khawatir data – data diretas, maka cobalah untuk mengamankan mouse dan keyboard wireless yang digunakan.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengamankan mouse dan keyboard wireless, sehingga tidak dapat dimanfaatkan oleh peretas.

    1. Keamanan Perangkat

    Periksa potensi keamanan keyboard dan mouse wireless yang disediakan oleh produsen. Karena beberapa produsen tidak benar-benar peduli apakah koneksi yang digunakan perangkat aman. Mereka hanya membuat perangkat, itu saja yang mereka lakukan. Cobalah untuk mencari merek atau pabrikan yang populer, umumnya mereka lebih memperhatikan sistem keamanannya.

    2. Pembaharuan Firmware

    Jika anda merasa keyboard atau mouse wireless yang digunakan sistem keamanannya rentan terhadap serangan peretas, biasanya pabrik pembuat perangkat telah menyediakan pembaharuan firmware atau software driver untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Pastikan anda memeriksa update terbaru untuk perangkat di situs resmi perusahaan pembuat perangkat.

    3. Gunakan Kabel

    Cara yang paling mudah namun dan paling aman adalah anda harus memilih untuk menggunakan keyboard dan mouse yang menggunakan kabel. Ini bisa menjadi solusi yang sangat tepat untuk menjaga keamanan komputer anda. Apabila ini memungkinkan, segera gunakan metode ini. Sebab tidak ada metode lain yang lebih tepat untuk menjaga keamanan dengan metode yang satu ini.

    4. Kunci Komputer

    Jika anda merasa tidak aman dengan keamanan komputer anda dan merasa telah dikendalikan oleh seseorang, maka Anda bisa mengunci komputer anda melalui menu admin. Setidaknya ini akan membantu melindungi komputer, sehingga tidak digunakan oleh si peretas, walaupun cara ini tidak bisa mencegah serangan yang telah dilakukan sebelumnya.

    5. Data Enkripsi

    Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah peretasan terhadap data anda melalui mouse atau keyboard wireless, anda dapat mengenkripsi folder dan file dengan beberapa password secara bergantian agar peretas tidak dapat membuka data pada komputer anda. Memang cara Ini mungkin tidak akan memutus koneksi peretas dari koneksi wireless anda, tetapi anda bisa menerapkannya untuk mencegah masalah ini lebih lanjut.

    Itulah beberapa metode sederhana namun efektif untuk melindungi mouse atau keyboard wireless anda, atau setidaknya membuatnya aman dari para peretas, karena dapat melindungi data komputer anda.

    Semua metode ini tidak akan mengharuskan anda untuk melakukan tindakan langsung pada komputer. Namun hanya menggunakanbeberapa langkah sederhana, anda paling tidak bisa membuat dinding pertahanan.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.