Cara Mengirimkan Email Yang Akan Terhapus Secara Otomatis di Gmail

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Mengirimkan Email Yang Akan Terhapus Secara Otomatis di Gmail

Tagged: ,

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #20254
    Admin
    Keymaster

    Mungkin bagi para penggemar film-film bertemakan mata-mata ataupun agen rahasia pernah menyaksikan adegan dimana sebuah pesan akan menghancurkan dirinya sendiri setelah dibaca.

    Hal yang sama kita dapat lakukan apabila mengirimkan email ke teman-teman kita melalui Gmail. Jadi kita dapat mengirimkan email, dan apabila telah dibaca email tersebut akan secara otomatis menghapus dirinya.

    Mungkin ada kalanya kita tidak ingin email kita secara permanent tersimpan di kotak masuk si penerima email. Dengan cara ini, kita akan dapat mengirimkan email yang nantinya akan terhapus secara otomatis pada perangkat yang kita kirimi email.

    Pada tulisan ini akan dibahas dua cara bagaimana mengirimkan email yang nantinya akan otomatis terhapus. Cara pertama kita akan menggunakan layanan Mail2Cloud dan yang kedua menggunakan Snapmail. Dengan menggunakan cara ini, maka akan membuat kita lebih yakin ketika mengirimkan email.

    Menggunakan Mail2Cloud

    1. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memastikan Google Chrome Browser yang ada pada komputer kita sudah terupdate dengan versi terbaru. Apabila sudah terupdate, cari atau buka ekstensi Mail2Cloud untuk Chrome pada browser.

    2. Kemudian klik tombol Add to Chrome, disusul klik tombol Add Extension.

    3. Setelah ekstensi Mail2Cloud terpasang, buka akun gmail yang akan digunakan untuk mengirimkan email.

    4. Selanjutnya klik tombol Compose, kita akan dapat melihat logo Mail2Cloud muncul disebelah atau dibelakang tombol “Send”.

    5. Kemudian kita perlu mengaktifkan pilihan “Self Destruct”.

    Itulah langkah-langkah mengirimkan email yang akan secara otomatis akan terhapus setelah 5 menit. Kita juga akan menerima pemberitahuan apabila penerima email telah membaca email yang kita kirimkan.

    Menggunakan Snapmail

    Sama halnya dengan Mail2Cloud, Snapmail merupakan ekstensi tambahan pada Google Chrome Browser. Snapmail juga akan menambahkan tombol tambahan disebelah tombol “Send” di Gmail.

    Apabila kita mengirimkan email menggunakan Snapmail, email akan terenkripsi dan penerima email hanya akan menerima email berupa tautan yang mengarah pada pesan yang kita buat. Pesannya sendiri akan otomatis dihapus setelah 60 detik.

    1. Langkah pertama, kita perlu menambahkan ekstensi Snapmail pada Google Chrome Browser.

    2. Selanjutnya, kita masuk menggunakan alamat akun Gmail kita.

    3. Setelah berhasil masuk ke dalam Gmail, klik tombol Compose.

    4. Kita akan dapat melihat tombol Snapmail di belakang tombol Send.

    5. Buatlah pesan yang akan kita kirimkan, kemudian tekan tombol Snapmail. Kita akan melihat proses pengamanan email dan penghapusan email secara otomatis setelah 60 detik telah diaktifkan.

    Dengan menggunakan cara-cara diatas akan membuat kita lebih yakin ketika mengirimkan email yang sifatnya rahasia. Terkadang ada pengguna yang menginformasikan password ataupun detail informasi mengenai sebuah layanan melalui email. Untuk pesan-pesan seperti ini, penggunaan cara-cara diatas lebih efektif karena email akan secara otomatis terhapus, sehingga bisa terhindar dari serangan peretas yang berhasil membobol akun email kita.

    Semoga informasi diatas bisa memberikan wawasan tambahan bagi kita semua dan dapat menjadi solusi bagi yang membutuhkannya.

    • This topic was modified 3 years, 6 months ago by Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.