Cara Merubah PDF Menjadi Format Word

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Merubah PDF Menjadi Format Word

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 7 months, 2 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23334

    Admin
    Keymaster

    Merubah format PDF menjadi Word akan membuatnya menjadi lebih mudah untuk diedit tanpa perlu membeli aplikasi pengeditan PDF yang mahal.

    Dari hasil pengujian yang telah kami lakukan, kami menemukan bahwa aplikasi ‘WPS PDF to Word’ memberikan hasil terbaik dan paling konsisten ketika merubah format file. ‘WPS PDF to Word’ dapat mengkonversi PDF ke DOC, DOCX, dan bahkan mengekstrak hanya teksnya saja sebagai file TXT.

    Versi gratis dari ‘WPS PDF to Word’ sangat bagus, tetapi memiliki satu batasan, ia hanya dapat mengubah lima halaman dokumen PDF. Fitur didalamnya sudah termasuk splitter PDF, tetapi ini hanya berfungsi untuk dokumen yang pendek atau singkat.

    Namun jangan khawatir, apabila nanti berurusan dengan file pdf yang jumlah halamannya banyak, maka kita selalu dapat membaginya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi sederhana bernama PDFsam Basic. Walaupun ada langkah tambahan, tetapi hasilnya sepadan.

    1. Unduh PDFsam Basic

    Apabila PDF yang ingin dirubah menjadi dokumen Word lebih panjang dari lima halaman, maka kita perlu mengunduh dan memasang PDFsam Basic. Aplikasi gratis ini dapat digunakan untuk memisahkan dan menggabungkan PDF.

    Pastikan Anda mengklik tautan Pengunduh Windows (.exe), ada beberapa iklan di halaman yang dirancang agar terlihat seperti tombol unduh . Hapus centang pada kotak bertanda ‘Install PDFsam Enhanced’. Tanda centang di kotak ini tersebut harus dihilagkan pada saat menjalankan pemasangan aplikasi.

    2. Membagi File PDF

    Jalankan PDFsam dan pilih ‘Split’. Masukkan PDF yang hendak dibagi ke dalam kotak yang terletak bagian atas dengan memilih atau menyeret dan menjatuhkan file ke tempatnya, lalu pilih ‘Split by every ‘n’ pages’ dan masukkan ‘5’. Pilih tujuan lokasi penyimpanan dan perubahan filename, lalu klik ‘Run’ untuk memulai proses pembagian PDF file. Sekarang PDF file siap untuk diruba menjadi format Word.

    3. Get WPS PDF to Word

    Selanjutnya unduh dan pasang versi gratis ‘WPS PDF to Word’, pastikan menjawab syarat dan ketentuan sebelum proses pemasangan. Setelah aplikasi terpasang jalankan aplikasi dan cari lokasi file PDF yang ingin dirubah menjadi format Word, atau seret dan lepaskan file PDF ke bagian yang disediakan.

    Kita akan melihat bahwa aplikasi ‘WPS PDF to Word’ memungkinkan kita merubah banyak file sekaligus, tetapi jika file-file tersebut tidak memiliki lebih dari lima halaman secara keseluruhan.

    4. Merubah File PDF Menjadi Format Word

    Pilih format file untuk PDF yang akan dirubah formatnya. Kita dapat memilih dari format Microsoft Word DOC dan DOCX, termasuk RTF. Selanjutnya pilih lokasi ekspor, lalu klik ‘Start’. Setelah selesai, kolom ‘Status’ akan muncul tulisan ‘Sukses’ dan kita akan dapat membuka dokumen yang telah dirubah di Word. Mungkin kita perlu sedikit merapikan isi dokumen, tetapi sejauh ini, hasilnya hampir identik dengan file PDF yang aslinya.

    • This topic was modified 7 months, 2 weeks ago by  Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.