Fwd: [Telematika] [MASTEL-ANGGOTA] Photo from Hidayat Tjokrodjojo

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads
 

 

[Dikirim ulang dg adanya kurang ketik terkait Riset teknologi 5G]

 

 

Assalam Alaikum w.w.

Rekan2 yang baik,

Apakah memang Asosiasi(2) tahu mana yang harus diperbaiki dan diusulkan untuk perbaikan.

Adanya konsep membangun yang disepakati oleh MASTEL (bukan hanya mengetahui yang salah dan melemparkan tanggung jawab kepada pihak lain), dalam konteks keseluruhan Peraturan NKRI. Suatu regulasi tidak bisa berdiri sendiri, tanpa melihat lingkungan peraturan perundang-undangan nasional (national legal regulations).

Juga mana yang menjadi porsi tanggung jawab Asosiasi atau swasta dan mana yang menjadi porsi Pemerintah sebagai Regulator.

Tambahan, sebaqai contoh, yang menjadikan semrawut pemecahan nasionalnya, menggerogoti kekuatan industri (produksi manufaktur dan operasional):

Kiranya rekan2 setuju, bahwa perasaan tanggung jawab operator telekomunikasi/TIK terhadap kebersamaan untuk membangun kekuatan persaingan nasional kurang dan masih tertinggal. Masih terlalu berat mementingkan kepentingan diri atau kelompok dibandingkan kepentingan bersama. Termasuk tidak mau tahu atau memang tidak tahu hukum koopetisi, ada saatnya koperasi (kerjasama) antara sesama operator dan ada saat dapat bersaing secara sehat, tidak saling mematikan antara mereka.

Nampaknya, belum ada budaya tersebut di tingkat nasional, termasuk perusahaan operator yang paling besar (jaringan dan pendapatannya) sekalipun. Ini sudah berlangsung sejak merdeka.

Kita sering kurang rendah hati (tidak tahu diri) untuk menjadi pengayom (bagi yang besar) dan menjadi nomor dua (bagi yang lebih kecil), terlebih menjadi sama sederajat demi kepentingan bersama, demi kepentingan nasional, demi kepentingan NKRI Kebanyakan hanya OMDO, bukan? -:)

Yang lebih kritis adalah kondisi Riset dan Pengembangan (R&D) manufaktur TIK, yang kurang didukung para pemegang kepentingan (stakeholders). Padahal nilai tambahnya amat besar, 50-90%. Kebanyakan hanya rekayasa TKDN, assembling dengan paten dibeli dari LN.

Memang pada awalnya untuk teknologi 5G harus Riset Aplikasi (Applied Research untuk waktu singkat saja, sebelum menginjak ke yang lebih dasar), sesuai saran seorang pengusaha Diaspora TIK kita di Belanda yang perusahaannya sukses dan terkenal High Tech Eindhoven Center HTEC), dan kini bolak-balik ke Indonesia untuk kerjasama dengan berbagai Kementerian dan Universitas. Untuk diketahui HTEC menghasilkan lebih banyak paten daripada Silicon Valley di AS yang terkenal itu. 

Riset untuk teknologi 5G perlu kerjasama (joint venture) dengan Institusi Riset LN (Tiongkok, Korea, jepang, Eropa, AS tinggal pilih satu atau lebih) dan diberi batas waktu oleh pemerintah dan jangka waktu tahap peningkatan SDM Nasional untuk menguasainya.

Seperti diketahui JKW telah mencanangkan dalam program 5 tahunnya.

Kembali lagi mengenai KOOPETISI yang disinggung di atas di antara para Operator, perusahaan manufaktur khususnya UKM, dan Pengusaha lainnya, dalam masa Kabinet JKW kedua masih ada waktu untuk memperbaiki, tepo sliro, dan maju bersama untuk masuk kancah persaingan internasional yang membutuhkan kesatuan langkah dan terlebih saling percaya, tidak secara diam2 ngacir pada saat harus berkurban demi kepentingan bersama.

Wassalam w.w.,

dari Warga biasa,

APhD

Subject: [MASTEL-ANGGOTA] Photo from Hidayat Tjokrodjojo
Date: Tue, 20 Aug 2019 10:33:26 +0700
From: Hidayat Tjokrodjojo ghidayat@realta.co.id [MASTEL-ANGGOTA] <MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com&gt;
Reply-To: MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
To: ASPILUKI <aspiluki@indo.net.id&gt;

 

Srt dari Mensekneg ttg permintaan masukan revisi regulasi

Sebaiknya utarakan sehingga peraturan yg timpang tindih dan sunsang sumbel dapat di perbaiki …
Hidayat Tjokrodjojo 

 

  

 

 

 

__._,_.___

Posted by: arnold@tt-tel.com


Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

———————————————————————-
Download MASTEL MOBILE APPS
Google Play Store:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bikinapp.apps.appMastelIndonesia&hl=en
iOS AppStore:
https://itunes.apple.com/us/app/mastel-indonesia/id1183344146?mt=8
Daftar Anggota Koperasi Digital:
https://reg.digicoop.id/18051975
————
Kunjungi www.mastel.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Owner : mastel@mastel.or.id
Moderator: info@mastel.or.id
Untuk mengirim pesan:
MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
Untuk berhenti dari milis kirimkan imel kosong ke:
MASTEL-ANGGOTA-unsubscribe@yahoogroups.com

Sekretariat Mastel
Jl. Tambak Raya No.61 Pegangsaan
Jakarta Pusat 10320

Tlp 021-31908806
Fax 021-31908812
email info@mastel.id/info@mastel.or.id
https://www.mastel.id
———————————————————————-

.


__,_._,___