Malware Paling Berbahaya di 2015

logo huawei

Di tahun 2015 ini, malware yang merajai sebelumnya adalah Ransomware. Tapi jika melihat peningkatan malware berdasarkan jumlah insiden yang terjadi, Ransomware bukan siapa-siapa dibanding Adware.

Adware adalah singkatan dari Advertising Sofware. Malware ini awalnya diciptakan untuk mengkomunikasikan produk/layanan, namum dalam perkembangannya lebih banyak dimanfaatkan untuk aktivitas negatif seperti menampilkan iklan dengan paksaan atau tipuan dan konten yang tidak terkontrol seperti menampilkan konten dewasa, tidak pantas atau malah mengarahkannya pada instalasi malware.

Terdapat beberapa kategori Adware, salah satunya adalah PUP Potentially Unwanted Program. Adware jenis ini menyebarkan program-program yang tidak berguna dan tentu tidak diinginkan oleh pengguna komputer. Program yang disisipkan, akan menginstalkan dirinya sendiri ke komputer yang terkena Adware.

Apa Saja Malware Paling Berbahaya?

1.    Adware yang merupakan malware berbahaya di posisi pertama adalah Script.Adware.DealPly.G yang menginstalkan dirinya bersama dengan freeware lain. DealPly (24,51 %) sendiri adalah add on pada peramban dan ia akan berusaha menampilkan iklan yang pada setiap halaman situs yang dikunjungi oleh pengguna komputer.

2.    Di peringkat 2 Script.Application.Plush.D yang datang dalam bentuk Javascript dan di instalkan oleh Gen.Adware.Plush.1 yang dalam menjalankan aksinya akan menginjeksikan peramban yang digunakan guna menampilkan iklan dan banner.

3.    Script.Adware.Vbates.A juga seperti PUP yang akan diinstalkan oleh installer pihak ketiga lain. Dalam menjalankan aksinya ia akan menampilkan iklan produk alternatif setiap kali pengguna komputer berminat melakukan belanja online.

4.    Win32.Application.OpenCandy.G adalah aplikasi yang berjalan di Windows 32 bit dan masuk ke dalam kategori PUP karena menginstalkan dirinya bersama dengan program freeware populer seperti PDF Reader, DVD Player, archiver dan program lainnya. Opencandy akan mengubah setelan peramban Anda, situs awal peramban dan setelan mesin pencari yang sedang digunakan. Ia akan mengarahkan korbannya ke situs yang tidak diinginkan dan menampilkan iklan pop up guna mendapatkan keuntungan finansial.

5.    Script.Spyware.Skrum.A adalah add on pada peramban Mozilla Firefox yang akan menginstalkan dirinya tanpa izin. Ia akan memata-matai pengguna Firefox eperti melaporkan add on apa saja yang digunakan pada peramban Firefox tersebut.

6.    Adware.BrowseFox.BU adalah PUP yang mengincar peramban Internet Explorer dan Google Chrome. Ia akan menginstalkan dirinya sebagai Add ons lalu memulai aksinya seperti mengubah start page, default search engine dan setting sekuriti pada peramban. Ketika peramban digunakan ia akan menginjeksikan Javascript guna menampilkan iklan yang menguntungkan dirinya.

7.    Adware.Agent.PJT merupakan PUP yang diinstalkan oleh Opencandy yang akan berusaha mengubah start page dan settingan mesin pencari guna menampilkan iklan yang menguntungkan dirinya. Lebih jauh lagi ia akan berusaha mengontrol trafik jaringan dan didesain sedemikian rupa agar sulit dibasmi (uninstal) dari komputer. Beberapa contoh software yang mengandung Agent.PJT adalah : Market Research Helper, Smarter Power, Common Share, Mega Browse, Jump Flip, Bring Star, Smarter Power dan Wise Enhance.

8.    Win32.Adware.Iobit.A adalah jenis Scareware. Ia akan menakut-nakuti pengguna komputer korbannya dengan menampilkan informasi palsu seakan-akan komputer tersebut mengandung banyak malware dan mencoba meyakinkan korbannya untuk membeli pembersih malware buatannya untuk membersihkan malware yang sebenarnya tidak ada.

9.    Win32.Application.OpenCandy.O adalah varian lain dari Opencandy yang termasuk dalam kategori PUP dan mendapatkan keuntungan finansial dari menampilkan iklan pop up yang tidak diinginkan. Seperti varian OpenCandy lainnya ia juga akan mengubah setting mesin pencari dan halaman awal peramban.

10.    Gen.Adware.BrowseFox.1 adalah PUP yang akan menumpang freeware lain guna menginstalkan dirinya pada komputer korban. Ia akan menyarukan dirinya sebagai program Market Research Helper, Swift Browse, Browser Helper, Common Share, Mega Browse, Special Box, Net Crawl, Clear Think, Jump Flip, Bring Star, Smarter Power, Wise Enhance, Enter Digital, Framed Display, Digi Help, Rock Turner dan Infinet. Ia akan menginstalkan dirinya sebagai Add ons pada tiga peramban populer seperti Internet Explorer, Firefox dan Google Chrome. Selain itu ia juga akan berusaha menginstalkan dirinya sebagai local proxy, services dan driver.[MFHP]

Sumber: Detik