[MASTEL-ANGGOTA] Cikal bakal Pusat Riset Nasional komersial

logo huawei
 

Cikal bakal Pusat Riset Nasional komersial

Tks masukannya, kang Onno.

Bagus apabila jadi cikal bakal Pusat Riset Nasional yang komersial, hasilnya dikembangkan sendiri atau dijual, kepada perusahaan lain yang berminat mengembangkannya..
Ada banyak yang memang mampu kita kembangkan dan buat sendiri, yang penting koordinasi dan sinerginya..
Yang mahal justru rancangannya (desain), yang malah dibeli oleh perusahaan2 manufaktur kita, hingga saat ini.
Operator dan atau perusahaan manufaktur (besar, kecil) bisa memesan rancangan berbagai perangkat ke Pusat Riset Nasional.

Perangkat komunikasi Armada Laut, Kereta Ril Cepat (RSTT = Radiocommunication Syatem Train to Trackside), dll tidak canggih amat, dan pasti banyak digunakan dalam waktu dekat, apalagi masa depan.
Yang lebih menantang tentunya perangkat IoT dan 5G, yang akan mengendalikan seluruh budaya kehidupan kita dalam waktu tidak terlalu lama dan di masa, jangan sampai kita hanya jadi pemakai. Kebangeten kalau ya.

Dengan adanya peta jalan (roadmap) dan arahan pemerintah tentang teknologi yang akan dipakai secara bertahap, maka para operator dan perusahaan2 manufaktur kita akan mempunyai kepastian pasarnya.
Bahkan operator bisa tanamkan saham dalam Pusat Riset Nasional dan perusahaan2, khususnya UKM-UKM yang sudah jatuh bangun, makan asam ragam.

Salam,
APhD
PS. Setelah Perang Dunia II, Italia memrioritaskan membangun Pusat Riset Nasional Telekomunikasi (komersial) yang didukung pemerintah, membangun Jalan Matahari, “Il Sole” dari utara pusat industri2 dan selatan daerah tenaga kerja yang miskin, dll untuk mempercepat pemerataan dan pembangunan. Bahkan jaringa komunikasi utamanya lewat kabel laut karena lebih cepat pembangunannya. Tahun 1970 waktu saya dikirim untuk Maintenance Management bagi Senior Engineers, semua sudah berjalan. Pada saat itu juga ada peserta dari Korea (dari Perbankan) yang dikirim dengan biaya UNIDO juga (Sekarang sudah seperti langit dan bumi dengan kita) -:)

Subject: [MASTEL-ANGGOTA] Re: [Telematika] Ambisi TIK canggih bagi Tol Laut
Date: Mon, 19 Feb 2018 04:21:30 +0700 (WIT)
From: ‘Onno W. Purbo’ onno@indo.net.id [MASTEL-ANGGOTA] <MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com&gt;
Reply-To: MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
To: Telematika@yahoogroups.com
CC: Mastel Anggota <mastel-anggota@yahoogroups.com&gt;, IndoWLI <indowli@yahoogroups.com&gt;, P2Tel <p2tel@yahoogroups.com&gt;, Bandung 19-20 <scouting@bandung19.or.id&gt;, Pokja KI <pokja_kelembagaan_internasional@yahoogroups.co.uk&gt;, WRC2015 <indonesia_wrc2015@yahoogroups.com&gt;, SDPPI Kominfo <sat-ins@postel.go.id&gt;, IEEE Indonesia Section Officer <section@ieee.web.id&gt;
> Ambisi TIK canggih bagi Tol Laut  >  > https://www.youtube.com/watch?v=Iifn1zZRmkk  > Indonesia harus memiliki ambisi untuk TIK (Teknologi Informasi dan  > Komunikasi) canggih untuk mendukung Tol Laut nasional, bagian dari  > program yang menentukan pemerataan dan kemajuan Bangsa, NAWACITA.  >      pengalaman saya di XECUREIT.id  yang mengembangkan sendiri peralatan IT utk security  kalau mau bikin sendiri semua maka akan membutuhkan  SDM tukang ngoprek yang banyak  kami di kantor ada sekitar 60-an orang yang suka ngoprek    mencari orang2 seperti itu tdk mudah ..  kampus2 kebanyakan tidak menghasilkan tukang ngoprek yang cukup handal  kira2 apa para dosen / prof bersedia merombak kurikulumnya kah?

__._,_.___

Posted by: Arnold Djiwatampu <arnold@tt-tel.com&gt;


Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?

With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


———————————————————————-
Download MASTEL MOBILE APPS
Google Play Store:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bikinapp.apps.appMastelIndonesia&hl=en
iOS AppStore:
https://itunes.apple.com/us/app/mastel-indonesia/id1183344146?mt=8
Daftar Anggota Koperasi Digital:
https://reg.digicoop.id/18051975
————
Kunjungi www.mastel.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Owner : mastel@mastel.or.id
Moderator: info@mastel.or.id
Untuk mengirim pesan:
MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
Untuk berhenti dari milis kirimkan imel kosong ke:
MASTEL-ANGGOTA-unsubscribe@yahoogroups.com

Sekretariat Mastel
Jl. Tambak Raya No.61 Pegangsaan
Jakarta Pusat 10320

Tlp 021-31908806
Fax 021-31908812
email info@mastel.id/info@mastel.or.id
https://www.mastel.id
———————————————————————-

.


__,_._,___