[MASTEL-ANGGOTA] FW: Reformasi dan Keterbukaan_22

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads
 

Nah itu aku tdk tahu, mungkin di jaman disruptive spt sekarang ini … istilah2 demokratis dan yang tidak demokratis, juga berubah atau campur aduk?

Terjemahan nya … Democratic Parties, mungkin ini yang muali terbentuk d daerah2 yang mengatur nasibnya sendiri? Aku nggak tahu dan akan tanya temanku …

 

Asal tidak jadi “pengibulan” saja. Yang dibahas di ILC … saya kok miris mengikuti cara berpikir beliau …….

 

Seingat saya pernah juga orang muda jadi Hippies … itu mungkin gejala disruptive jaman itu?

Kini millennial juga berubah cara berpikirnya, tidak repot2 menabung, tapi hitung pas-pasan yang dihasilkan untuk dinikmati …

Dsbnya ….

Saya fwd yang dibawah ini, sebagai contoh yang terlihat oleh bbrp kawan saya yang perhatikan, bagaimana umat manusia, di negara sana, kerja kerja kerja … pemerintah bantu dan masyarakat kerjakan … alam jadi sahabat … teknologi dan science dimanfaatkan.

 

Masih lihat air dipompa dan di oncor2 utk mengairi tanaman? Yang banyak air silahkan, meski nampaknya di Jawa sudah harus punya embung air kalau mau bercocok tanam.

Tapi di daerah yang gersang, sebaiknya hemat air dengan system dripping ?

Bagaimana kalau kita juga menerapkan, entah ini demokrasi atau demo crazy hahaha

Salam, Hidayat

 

From: MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com [mailto:MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, March 26, 2019 18:33
To: MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
Subject: Re: [MASTEL-ANGGOTA] FW: Reformasi dan Keterbukaan_22

 

kalau partai2 demokratis itu artinya apa ya pak ? Apa PKT juga salah satu partai Demokratis itu ? Ada brp partai Demokratis disana ?

Tulisan ini menarik sebab menunjukkan bgmn sistem kerja di Tiongkok.

Salam, Ashwin

 

On Sat, Mar 23, 2019 at 2:59 PM ‘G. Hidayat Tjokrodjojo’ ghidayat@realta.co.id [MASTEL-ANGGOTA] <MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com> wrote:

 

Saudara2,

Mungkin bisa memberi inspirasi dan informasi, apa yang dilaksanakan oleh orang lain di negara lain ….

Ini tentang kreativitas, semangat kerja, Science, Teknologi, Engineering, Art (dgn banyak festival2 terkait pertanian) dan Mathematics …. STEAM  

Kalau suka yang seperti ini, saya minta ijin sama penulisnya utk di fwd ke milis ini.

Salam, Hidayat

 

Subject: Reformasi dan Keterbukaan_22

 

Masyarakat yang sudah lama hidup dalam kemiskinan dan terisolasi dengan dunia luar, telah membentuk budaya kemiskinan 贫困文化 yang melekat dalam gaya hidup, nilai-nilai dan norma perilaku mereka.

 

Pengentasan Kemiskinan di Tiongkok tidak kalah rumit akan tantangan dan kesukarannya, sejajar dengan menguasai technologi mutahir, Pengentasan Kemiskinan harus menghadapi manusianya, budaya dan kebiasaannya, ditambah lagi lingkungan alamnya, oleh karena itu, beban berat membutuhkan kekuatan dan potensi seluruh komponen bangsa untuk memeranginya.

 

Paket konsep baru pengentasan diluncurkan di Bìjié 毕节, supaya bisa menghasilkan Pengentasan Kemiskinan yang Tepat 精准扶贫 secara maksimal.

 

#1284.jpg

 

#1204.jpg

 

#1263.jpg

 

Model pengentasan kemiskinan indah 美丽扶贫 di barat daya Guìzhōu 贵州, dilakukan melalui upaya bersama secara intensif dari partai-partai demokrasi 各民主党派 dan pemerintah daerah.

 

Bantuan untuk meningkatkan kecerdasan penduduk miskin diberikan melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, medis dan kesehatan serta pengembangan industrial.

 

#1285.jpg

 

#1255.jpg

 

#1265.jpg

 

Pengentasan kemiskinan, dalam jangka pendek, adalah melalui berbagai mekanisme desain dan inovasi kelembagaan, memperkuat pelatihan kemampuan penduduk miskin, supaya mereka dapat melepaskan kemiskinannya secara mandiri, dalam jangka panjang diprioritaskan pendidikan terhadap anak-anak mereka.

 

#1279.jpg 

 

#1281.jpg

 

#1282.jpg

 

Huángyùn 黄运, adalah gadis Suku Miáo 苗族 pertama yang diterima di sekolah SMA Kotapraja Zhúyuán 竹园乡.

 

Selama ini, gadis-gadis suku Miáo di sana tidak ada yang masuk sekolah, tingkat pendidikan anak laki-lakipun jarang sampai SMP, tidak mudah merubah kesadaran mereka untuk sukarela menerima pendidikan formal.

 

“Jika saya bukan menerima bantuan selama sembilan tahun berturut-turut, saya sekarang pasti sudah menikah, dan menjadi ibu dari dua anak.”, Huángyùn 黄运 juga menceritakan kepada orang bahwa dia selalu ingin menulis surat kepada orang yang mensponsorinya, tetapi tidak tahu ke mana surat itu harus dikirim.

 

#1233.jpg  

 

#1256.jpg

 

#1264.jpg

 

Di balik kisah perubahan takdir pribadi ini, sebuah percobaan pengentasan kemiskinan pembangunan yang diprakarsai oleh PKT dan melibatkan partai-partai demokratis 各民主党派 telah berlangsung selama hampir 30 tahun disana, guna mendorong penduduk miskin untuk antusias berpartisipasi dan menyalakan gairah hidup mereka dalam merubah nasib secara mandiri.

 

#1273.jpg

 

#1287.jpg

 

#1253.jpg

 

Dalam perjuangan melawan kemiskinan, partai-partai demokratis 各民主党派 bukan hanya jadi pengawas atau penonton, tetapi terjun jadi peserta aktif.

 

#1243..jpg

#1205..jpg

 

#1235..jpg

 

Komite sentral dari partai-partai demokratis 各民主党派 serta Federasi Nasional Industri dan Perdagangan 全国工商联 telah membentuk proyek keunggulannya masing-masing di bidang pengentasan kemiskinan.

 

Proyek-proyek ini tidak hanya mencerminkan karakteristik masing-masing partai, tetapi juga membawa manfaat nyata bagi masyarakat setempat di banyak bidang.

 

#1223..jpg

 

#1258..jpg

 

#1288..jpg

 

Menganut konsep “Tidak lupa dari mana asal keberhasilan, dikembalikan lagi kemasyarakat 饮水思源,回报社会”, gerakan 10.000 perusahaan membantu 10.000 desa mengentas kemiskinan yang tepat dimotori oleh Federasi Nasional Perindustrian dan Perdagangan 全国工商联.

 

#1262..jpg

 

#1261..jpg

 

#1278..jpg

 

Pada tahun 2010, Komite Sentral Jiu San Society 九三学社中央 melakukan "Gerakan Mata Cerah dan Sehat 亮康行动" di Wēiníng 威宁, dimana populasi penduduk miskin sangat besar dan sulit mencari perawatan medis bagi pasien katarak.

 

Dalam enam tahun Gerakan diluncurkan, para ahli dari berbagai provinsi dan kota Jiu San Society 九三学社, melakukan pengobatan serta kuliah gratis di Wēiníng 威宁, dan telah berhasil melatih staf medis rehabilitasi katarak lokal yang trampil.

 

Jiu San Society juga telah berkoordinasi dengan "Yayasan Mata Cerah Hong Kong" mendirikan sebuah Eye Center, memungkinkan penduduk di Wēiníng untuk mengikuti asuransi kesehatan koperasi pedesaan dan menikmati manfaat dari perawatan gratis penyakit mata.

 

#1271..jpg

 

#1269..jpg

 

#1272..jpg

 

Menjelajahi jalan baru inovasi lapangan kerja untuk pengentasan kemiskinan, dua kelompok garmen terbesar Shāndōng 山东, mendirikan Pabrik Garmen Huáyào 华耀服装厂 di Kota Bìjié 毕节.

 

Pada Agustus 2017, wanita petani setempat Luōyuèměi 罗岳美, menerima pelatihan pra-kerja dan masuk kerja di Pabrik Garmen Huáyào, berkat kecerdasannya dengan cepat dia dipromosikan menjadi kepala tim, dan mendapat hampir 5.000 RMB gaji bulanan. “Saya setiap hari pergi bekerja dengan bus, dan saya bisa merawat anak-anak saya ketika saya pulang.”

 

Dari petani menjadi pekerja pabrik, Luōyuèměi sangat puas dengan kondisi kehidupan saat ini.

 

#1202..jpg

 

#1212..jpg

 

Pengentasan kemiskinan, harus membantu meningkatkan kecerdasan mereka, membantu mereka "mencabut akar" kemiskinan.

 

Di bidang pendidikan dan pengentasan kemiskinan, Komite Sentral Revolusi Kuomintang Tiongkok 中国国民党革命委员会 melakukan enam sesi pelatihan untuk melatih lebih dari 800 guru sekolah dasar dan menengah.

 

#1274..jpg

 

#1275..jpg

 

#1276..jpg

 

"Proyek Bantuan Medis Konsentris 同心助医工程" dari Partai Pertanian dan Buruh 农工党, serta "Gerakan Berkah Konsentris 同心致福行动" dari Zhi Gong Dang 中国致公党 turut menyumbang dalam pengentasan kemiskinan di Bìjié 毕节.

 

#1277..jpg

 

#1024..jpg

 

#1244..jpg

 

Penduduk desa Hǎimǎ 海马村 telah menanam teh sejak zaman kuno. Pada Dinasti Míng, “Teh Upeti Hǎimǎ 海马贡茶” secara eksklusif digunakan sebagai upeti ke kerajaan, tetapi area penanaman dan teknik penanaman tidak kunjung berkembang.

 

Pada tahun 1998, pemerintah setempat mengundang para pakar teh untuk memandu pelatihan di Desa Hǎimǎ, melalui peningkatan konten teknis menghasilkan teh berkualitas tinggi, "Teh Upeti Hǎimǎ 海马贡茶" kualitas terbaik harganya telah meningkat 8 kali lipat.

 

#1219..jpg

 

#1218..jpg 

 

__._,_.___

Posted by: "G. Hidayat Tjokrodjojo" <ghidayat@realta.co.id&gt;


Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)

Have you tried the highest rated email app?

With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


———————————————————————-
Download MASTEL MOBILE APPS
Google Play Store:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bikinapp.apps.appMastelIndonesia&hl=en
iOS AppStore:
https://itunes.apple.com/us/app/mastel-indonesia/id1183344146?mt=8
Daftar Anggota Koperasi Digital:
https://reg.digicoop.id/18051975
————
Kunjungi www.mastel.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Owner : mastel@mastel.or.id
Moderator: info@mastel.or.id
Untuk mengirim pesan:
MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
Untuk berhenti dari milis kirimkan imel kosong ke:
MASTEL-ANGGOTA-unsubscribe@yahoogroups.com

Sekretariat Mastel
Jl. Tambak Raya No.61 Pegangsaan
Jakarta Pusat 10320

Tlp 021-31908806
Fax 021-31908812
email info@mastel.id/info@mastel.or.id
https://www.mastel.id
———————————————————————-

SPONSORED LINKS

.


__,_._,___