[MASTEL-ANGGOTA] Indonesia, Negara Besar ke-4 Dunia, Menjadi Pasar Saja: No Way!

logo huawei
 

Indonesia, Negara Besar ke-4 Dunia, Menjadi Pasar Saja: No Way!

Rekan-rekan yang baik,

Mari cermati ulasan di bawah ini.

5G Is Reshaping the RF Technology Landscape with Enormous Opportunities for RF Power Devices

RF Power Market and Technologies 2017: GaN, GaAs and LDMOS Report – Yole Développement

OUTLINES:

  • The RF power market will boom… By year-end, the total RF power semiconductor market was close to US$1.5B for all applications above 3W.
  • GaN is taking over LDMOS’ market share: technology is evolving…
  • As the developing trends become ever clearer, RF power players are investing and hoping to win the competition and be the leader in the next generation technology…

https://www.wirelessdesignonline.com/doc/g-is-reshaping-the-rf-technology-landscape-with-enormous-opportunities-for-rf-power-devices-0001?vm_tId=2010333&user=F693DB73-C0CE-11D4-8C7F-009027DE0829&utm_source=et_6214365&utm_medium=email&utm_campaign=WIRE_07-13-2017&utm_term=F693DB73-C0CE-11D4-8C7F-009027DE0829&utm_content=5G+Reshaping+RF+Technology+Landscape+With+Enormous+Opportunities+For+RF+Power+Devices

Pada satu sisi, memang tidak mudah menjadikan Indonesia salah satu Negara terdepan industrri manufaktur, pada sisi lain apabila kita melihat peluang2 yang luar biasa di masa depan, nampaknya kita tidak mungkin melewatkan peluang amat besar yang akan tiba tidak lama lagi.

Sebenarnya kita belum dapat membuktikannya bahwa peluang raksasa tersebut akan tersebut terjadi. Di sisi lain, secara naluri dan intuisi seorang pebisnis yang ulung, yang biasanya tidak meleset karena pengalamannya di masa lalu, kita bisa merasakan bahwa peluang ganda teknologi 5G tak terelakkan. Apabila terlambat kita memulainya, peluang tersebut tidak akan terkejar lagi, tidak akan kembali lagi.

Peralihan dari teknologi yang lalu ke 5G tidak sama dan tidak linier seperti dari 2G ke 3G dan 3G ke 4G, oleh karena 5G akan menciptakan budaya kehidupan yang baru sama sekali.
Kita akan dikontrol oleh berbagai alat yang besar dan terutama yang amat kecil yang akan dibawa ke manapun kita pergi, Perangkat2 ini akan saling terhubung satu dengan yang lain secara otomatis. Bahkan ada alat yang demikian kecilnya yang dapat disimpan, dimasukkan, di bawah kulit pergelangan tangan dan berlaku sebagai kartu debit dan kredit. Dapat dibayangkan bahwa orang akan menggunakannya dalam jumlah milyaran, puluhan milyar jumlahnya.

Apakah Indonesia mau ketinggalan? Tidak, bukan?
Oleh karena itu, sebelum kita terlambat kita harus
serius, rajin, berkeringat, berkorban, dan cermat,   merangkul perusahaan2 atau lembaga2 riset yang dapat mempercepat penguasaan kita atas teknologi 5G, IoT (Internet of Things) atau perangkat radio yang kelembamannya (latency) antar-perangkat rendah (informasi cepat sekalit tibanya mis dalam ordo mili sekon).
Tentunya kita bisa mulai sendiri, di sisi lain para ahli kita, khususnya Diaspora di LN yang berpengalaman, menganjurkan kita merangkul perusahaan2 dan lembaga2 riset negara2 lebih maju, untuk mengejar ketertinggalan kita.

Dalam bidang TIK tentunya KOMINFO dan atau Lembaga2 Riset dan Pengembangan Pemerintah harus memegang peran terdepan, walaupun kalangan swasta dan Universitas dapat melakukannya. Dengan koordinasi dan fasilitasi KOMINFO maka peluang2 terkoordinasi akan tercapai, tidak akan tercerai berai, dan menyinergikan dana dan daya yang sangat berharga yang kita miliki.
Secara pribadi kita mengharapkan IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) Indonesia Section, yang mempunyai akses. fasilitas, dan peluang global, dapat memegang peran penting dalam pengembangan teknologi 5G

Salam,
APhD

__._,_.___

Posted by: Arnold Djiwatampu <arnold@tt-tel.com&gt;


Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?

With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


———————————————————————-
Download MASTEL MOBILE APPS
Google Play Store:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bikinapp.apps.appMastelIndonesia&hl=en
iOS AppStore:
https://itunes.apple.com/us/app/mastel-indonesia/id1183344146?mt=8
Daftar Anggota Koperasi Digital:
https://reg.digicoop.id/18051975
————
Kunjungi www.mastel.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Owner : mastel@mastel.or.id
Moderator: info@mastel.or.id
Untuk mengirim pesan:
MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
Untuk berhenti dari milis kirimkan imel kosong ke:
MASTEL-ANGGOTA-unsubscribe@yahoogroups.com

Sekretariat Mastel
Jl. Tambak Raya No.61 Pegangsaan
Jakarta Pusat 10320

Tlp 021-31908806
Fax 021-31908812
email info@mastel.id/info@mastel.or.id
https://www.mastel.id
———————————————————————-

.


__,_._,___