[MASTEL-ANGGOTA] Teknologi 5G sudah di depan pintu

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads
 

Teknologi 5G sudah di depan pintu

Rekan-rekan yang baik,

Apabila anda mengikuti ulasan usaha bersama 3 perusahaan raksasa AT&T, Ericsson, dan Qualcom Technologies untuk bekerjasama mencoba pengoperasian teknolog 5G NR (New  Radio), pada pertengahan 2017, maka kita rasakan bahwa Indonesia perlu memacu diri apabila tidak ingin tertinggal dalam teknologi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tercanggih yang akan merangsek dunia, dan makin meninggalkan negara2 berkembang seperti  Indonesia.

Di sisi lain, memberikan dorongan dan pembenaran terhadap usaha KOMINFO, Badan LITBANG SDM, khususnya “Tim Kajian Terpadu 5G” sejak April’16 yang telah menyelesaikan tugasnya akhir tahun lalu. Sesuai kesepakatan akan dibentuk Tim Konsorsiumm untuk melanjutkan usaha awal penguasaan teknologi 5G, tidak hanya sebagai pemakai oleh operator, melainkan juga penghasil produk teknologi 5G, dengan kerjasama berbagai mitra yang dapat diandalkan dan menguntungkan kita.

Ericsson, Qualcomm And AT&T Announce Collaboration On 5G New Radio Trials Intended To Accelerate Wide-Scale 5G Deployments

http://www.wirelessdesignonline.com/doc/ericsson-qualcomm-radio-trials-intended-to-accelerate-wide-scale-g-deployments-0001?vm_tId=1974832&user=F693DB73-C0CE-11D4-8C7F-009027DE0829&utm_source=et_6214365&utm_medium=email&utm_campaign=WIRE_01-12-2017&utm_term=F693DB73-C0CE-11D4-8C7F-009027DE0829&utm_content=New+Radio+Trials+Intended+To+Accelerate+Wide-Scale+5G+Deployments

Ada beberapa tantangan yang harus kita hadapi.

Pertama, meninjaur kembali anggapan kekhawatiran publik yang memengaruhi kebijakan dan Regulasi TIK nasional,  yang di satu sisi bermaksund  melindungi operasi TIK nasional, di sisi lain dapat merugikan kita apabila tidak membuka cakrawala peluang nasional dalam memanfaatkan fasilitas2 global yang ada. Salah satu adalah mengenai penggunaan “Awan (Cloud) yang sebelumnya dianggap tidak aman. Apabila ditelaah lebih lanjut maka penggunaan Awan tidak lebih beresiko daripada perangkat terestrial yang ada di wilayah kekuasaan RI.

Kedua, untuk teknologi 5G telah dicadangkan bagian pita (sub-band) 6 GHz, selain pita gelombang mm (mm wave) yang akan digunakan secara luas dengan kapasitas pelanggan yang akan melejit pada pita 20-30 GHz ( 28 dan 39 GHz) dengan kecepatan multi Gigabit per detik. Pita 6 GHz baik bagi daerah cakupan yang luas, khususnya di daerah, sedangkan pita 20-30 GHz untuk daerah perkotaan.

Ketiga, dalam memilih mitra kerjasama, ada baiknya kita tidak hanya melihat kepada negara industri yang telah maju yang pada hakekatnya merasa dapat mengeksploitasi mitra yang tidak sejajar (sampai sekararng praktis, kita hanya assembling dengan nilai tambah rendah), melainkan juga dengan mitra dari negara berkembang, termasuk India, Brasil, dll. Harus diakui kerjasama dengan negara berkembang tidak semulus seperti dengan negara maju, karena kita tinggal didulang saja.

Indonesia memang harus bergerak cepat dan berani memutuskan, dan tidak terlalu banyak pertimbangan yang tidak pernah akan selesai dan tidak pernah akan diketahui sepenuhnya sebelum kita menerjuninya.

Pada awal tahun 80an, Indonesia ditawari oleh Korea (Rep), yaitu Wakil Menteri Komunikasinya kepada Dirjen Postel, untuk bekerjasama mengembangkan sistem suitsing digital. Indonesia tidak segera dan kurang serius menanggapinya, tanpa menyalahkan siapa-siapa saat itu. Dan kita bisa lihat bahwa tidak lama setelah itu Korea (Rep) berhasil mengembangkan sistem suitsing digital mereka.

Peluang-peluang penguasaan teknologi baru yang tak dimanfaatkan, tentunya tidak akan pernah kembali lagi. Di sisi lain, memang membuthkan pengorbanan dan usaha keras secara konsisten dan terpadu, apabila kita menempuhnya.
Yah, itu harga yang harus dibayar apabila kita ingin maju, tidak bertahan di Zone Nyaman, bukan?

Salam,
APhD


__._,_.___

Posted by: Arnold Djiwatampu <arnold@tt-tel.com&gt;


Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?

With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


———————————————————————-
Mailing List Anggota MASTEL
Dilarang menggunakan kata kasar, mengandung SARA, memfitnah,
bersifat menghasut,spamming,junk mail.
Semua attachment harus mendapat ijin dari Owner atau Moderator.

Owner : mastel@mastel.or.id
Moderator: info@mastel.or.id
Untuk mengirim pesan:
MASTEL-ANGGOTA@yahoogroups.com
Untuk berhenti dari milis kirimkan imel kosong ke:
MASTEL-ANGGOTA-unsubscribe@yahoogroups.com

Sekretariat Mastel
Jl. Tambak Raya No.61 Pegangsaan
Jakarta Pusat 10320

Tlp 021-31908806
Fax 021-31908812
email info@mastel.id/info@mastel.or.id
https://www.mastel.id
———————————————————————-

.


__,_._,___