YouTube Kini Juga Ikut Serta Dalam Permainan

YouTube merambah ke bidang permainan untuk pelanggan berbayarnya (Premium). Platform ini memberi pengguna Premium akses ke serangkaian game online yang dapat dimainkan langsung di aplikasi seluler atau aplikasi desktop. Dikenal sebagai Playables, perusahaan ini pertama kali meluncurkan fitur eksperimental kepada pengguna tertentu pada bulan September. Seperti yang dicatat oleh Droid-Life, YouTube mengirimkan pemberitahuan minggu lalu kepada pelanggan Premium yang memberi tahu mereka tentang Playables dan mengizinkan mereka untuk mencobanya. Mereka yang ikut serta akan dapat memainkan total 37 mini-game yang secara efektif ada di dalam YouTube, dan tidak perlu mengunduh atau menginstalnya.

Pilihan permainannya tidak terlalu menantang atau di luar sana, hal itu termasuk permainan yang disukai banyak orang seperti Angry Birds Showdown, Brain Out, Daily Solitaire, The Daily Crossword, dan sejumlah permainan arcade. Dan mereka mungkin tidak akan tinggal di sini. Notifikasi YouTube Premium menyatakan bahwa game tersebut akan tersedia hingga 28 Maret 2024. Untuk saat ini, anggota Premium dapat menemukan perpustakaan lengkap game tersebut di bagian Playabels di tab Explore.

YouTube bergabung dengan daftar panjang perusahaan teknologi non-game yang mencoba berekspansi ke bidang game, seringkali dengan hasil yang beragam. Setelah bertahun-tahun heboh, Google secara resmi menghentikan layanan Stadia pada bulan Januari. Beberapa minggu yang lalu, Amazon memangkas lebih dari 130 pekerjaan di divisi permainan gratisnya dan mengumumkan akan memfokuskan kembali upayanya. Pada tahun 2021, TikTok menggoda apa yang disebutnya sebagai dorongan besar dalam game, namun pemiliknya, ByteDance, mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 1.000 pekerja di unit gamenya.

Namun rekam jejak yang kurang baik tidak menghentikan perusahaan teknologi lain untuk terus maju ke dunia game. Eksperimen Meta dengan Game Instan telah dibuat selama sekitar tujuh tahun, platform ini dan bulan ini meluncurkan model distribusi baru yang memungkinkan pengembang mempublikasikan versi beta game mereka langsung di Facebook. Netflix juga telah merilis game secara eksklusif di perangkat seluler (ulasannya cukup beragam), dan ingin memperluas ke game cloud, meskipun mungkin perlu waktu lama hingga game tersebut tersedia untuk umum.(ra)