YouTube Tampaknya Sedang Menguji Injeksi Iklan Di Sisi Server Untuk Melawan Pemblokir Iklan

Tindakan keras YouTube terhadap alat yang memblokir iklan berlanjut dengan injeksi iklan di sisi server. Pengembang SponsorBlock, yang merupakan ekstensi crowdsourced untuk melewatkan segmen bersponsor, hari ini menyampaikan bahwa “YouTube saat ini sedang bereksperimen dengan injeksi iklan di sisi server.”

Pada tingkat tinggi, ini berarti bahwa iklan sekarang menjadi bagian dari video yang sedang di-streaming ke perangkat Anda, bukan dikirimkan secara terpisah ke web desktop atau klien seluler. Pendekatan saat ini memungkinkan pemblokir iklan untuk mencegat dan tidak menampilkan iklan. Ke depannya, iklan seharusnya tidak dapat dibedakan dari video.

Menurut 9to5google.com, dalam kasus SponsorBlock, semua stempel waktu diimbangi dengan waktu iklan. “Untuk saat ini, saya mengatur server untuk mendeteksi ketika seseorang mengirimkan dari peramban dengan kondisi seperti ini dan menolak pengiriman tersebut untuk mencegah basis data terisi dengan pengiriman yang salah,” ucapnya.

Injeksi iklan dari sisi server adalah masalah yang lebih luas untuk pemblokir iklan penuh, yang telah diupayakan oleh YouTube untuk diatasi dengan berbagai cara pada tahun lalu. Setelah ekstensi peramban, Google menargetkan klien pihak ketiga, yang populer di perangkat seluler. Seperti biasa, pengguna didorong untuk berlangganan YouTube Premium.

Saat ini masih dalam tahap pengujian, dan beberapa pengguna telah mengalami masalah. Namun, ini belum diluncurkan secara luas. YouTube mungkin tidak akan merinci apa yang terjadi di balik layar, tetapi akan menarik untuk mengetahui bagaimana penyisipan ditangani dan perubahan apa yang harus diterapkan YouTube pada infrastruktur penayangan iklannya.(ra)