10 Negara Dengan Kecepatan Internet Tertinggi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Internet lebih sekedar dari sebuah alat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan atau hiburan. Internet adalah sebuah pintu gerbang ilmu pengetahuan dan juga sarana untuk berbagi informasi. Namun, kecepatan internet di setiap negara berbeda, berikut ini kami hadirkan daftar negara yang memiliki koneksi internet paling cepat.

Akamai Technologies adalah sebuah perusahaan yang dekat dengan internet, mereka mempelajari kecepatan internet dari setiap negara dan membuat sebuah daftar peringkat dari negara – negara yang memiliki koneksi internet paling cepat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kecepatan rata – rata internet di dunia adalah 6.3 Mbps. Dimana ini sangat kecil apabila dibandingkan dengan negara – negara yang masuk ke dalam daftar.

1. Belgia

Belgia telah memiliki infrastruktur internet yang telah meningkat cukup baik. Apabila anda warga negara Belgia, maka tentunya saat ini anda tengah menikmati kecepatan internet tinggi hingga 32.7 Mbps. Kecepatan ini sudah cukup mengunduh file – file favorit anda dari internet.

2. Bulgaria

Saat ini Bulgaria memiliki lebih dari 3.9 juta pengguna internet. Apabila anda warga negara Bulgaria, maka saat ini kecepatan internet yang anda gunakan adalah 32.1 Mbps. Tentunya dengan kecepatan ini sudah bisa mengunduh file sambil menonton YouTube tanpa adanya buffering.

3. Israel

Kemampuan baca tulis di Israel merupakan yang tertinggi didunia. Israel juga negara ke – 8 di dunia yang memiliki banyak persenjataan nuklir. Namun, apabila kita berbicara mengenai kecepatan internet, maka rata – rata kecepatan internet di Israel sekitar 30.9 Mbps.

4. Korea Selatan

Akses untuk koneksi internet paling cepat di dunia adalah di Korea Selatan, dengan kecepatan rata – rata 29 Mbps, hampir seluruh populasi di Korea Selatan mendapatkan akses internet super cepat ini. Walaupun hampir 80 persen rumah di Korea Selatan memiliki akses ke internet, hanya ada beberapa informasi penting yang bisa diakses, dan hanya pemerintahnya yang memiliki akses.

5. Norwegia

Kecepatan rata – rata internet di Norwegia adalah 21.3 Mbps. Ini memperlihatkan adanya pertumbuhan hampir 68 persen sejak tahun 2015.

6. Swedia

Negara satu ini adalah negara yang juga haus dalam teknologi tinggi. Kecepatan rata – rata internet di Swedia adalah 20.6 Mbps. Terlihat adanya peningkatan hingga 32 persen dibanding kecepatan internet yang mereka miliki pada tahun 2015.

7. Hong Kong

Hong Kong merupakan negara pertama yang berhasil menerapkan kecepatan internet hingga melebihi 60 Mbps, tetapi saat ini nilai tersebut menurun menjadi 19.9 Mbps.

8. Swiss

Swiss merupakan negara yang terletak di pegunungan Eropa Tengah, rumah bagi sejumlah danau, desa – desa dan pengunungan tertinggi Alpen yang selalu mengingatkan negara ini. Dengan memiliki penduduk terkaya di dunia ini, kecepatan internet rata – rata di Swiss berada di 18.7 Mbps. Nilai ini merupakan peningkatan sebesar 25 persen jika dibandingkan dengan laporan tahun lalu.

9. Latvia

Kembali lagi ke Eropa, kali ini kita menuju Latvia, sebuah negara di laut Baltic antara Lithuania dan Estonia. Negara ini juga terkenal dengan kuatnya identitias nasional, kebudayaan yang beragam, kota – kota modern, pantai dan hutan lebat menjadi bagian negara ini. Kecepata rata – rata internet di negara mencapai 18.3 Mbps untuk setiap warganya dan ini tiga kali lebih cepat dari kecepatan rata – rata di dunia.

10. Jepang

Jepang adalah salah satu negara dunia yang telah memiliki infrastruktur fiber optic yang baik. Dengan adanya dukungan infrastruktur ini, maka ISP di Jepang dapat memberikan warganya kecepatan rata – rata internet hingga 18.2 Mbps.(hh)

Sumber